XI: G20 Jembatan Ekonomi Lebih Baik

      Tidak ada Komentar

Hangzhou, Tiongkok ( Berita ): -Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan forum G20 adalah jembatan untuk setiap negara anggota bekerja sama membangun ekonomi global yang lebih baik.
“Jika dicermati, logo KTT ke-11 G20 adalah jembatan. Itu melambangkan jembatan bagi kerja sama dan kemitraan antarnegara G20,” kata Presiden Tiongkok, saat menyampaikan kata pembuka dalam jamuan santap malam bagi para pimpinan negara kelompok 20 dan negara tamu beserta organisasi internasional di Hangzhou, Minggu [04/09] malam.
Xi mengatakan jembatan yang digunakan dalam logo KTT ke-11 G20 adalah jembatan yang berada di West Lake, ikon pariwisata kota Hangzhou yang dijuluki”Surga di Bumi”.
Ia menegaskan dengan kemitraan dan kerja sama atas dasar saling menghormati dan saling percaya, maka G20 akan mampu menjadi jembatan yang sempurna bagi terwujudnya perekonomian global yang lebih baik.
“G20 harus dapat memainkan peranan lebih guna mewujudkan pertumbuhan positif bagi ekonomi global, tidak saja bagi negara kelompok 20 tetapi semua negara,” kata Xi menekankan.
Menutup pidatonya Xi mengajak para pimpinan negara dan organisasi internasional untuk melakukan “toast” bersama-sama. “Untuk ekonomi dunia yang lebih baik, untuk pembangunan yang lebih baik, untuk G20 yang lebih baik, untuk kesuksesan KTT G20 Hangzhou,” ujarnya.
Presiden Joko Widodo beserta Ibu negara Iriana Joko Widodo hadir dalam jamuan santap malam tersebut. Usai santap malam, para pemimpin negara G20 dan negara tamu serta pimpinan organisasi internasional, menyaksikan pertunjukkan seni dan tari karya sutradara ternama Tiongkok Zhang Yimou, bertajuk “Impression West Lake”. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>