Presiden Minta OJK Dan BI Dorong UMKM

      Tidak ada Komentar

Jakarta ( Berita ) : Presiden Joko Widodo meminta Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia untuk bisa mendorong perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air,yang salah satunya melalui teknologi keuangan digital.
“Baik yang berkaitan dengan regulasi-regulasi mengenai ‘microfinance’, mengenai fintech (financial technology) , mengenai colateral untuk usaha-usaha mikro,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis[01/09].
Menurut Presiden, jumlah usaha mikro di Tanah Air begitu banyak sehingga sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pemerintah meyakini jika UMKM didukung oleh fasilitas inklusi keuangan dan teknologi digital secara mumpuni, maka sektor tersebut semakin kuat. “Kalau kita bisa menginjeksi, memberikan kecepatan itu, akan kelihatan dalam pertumbuhan ekonomi kita,” kata Jokowi.
Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerima kunjungan kehormatan Ratu Belanda Queen Maxima di Istana Merdeka yang membahas mengenai pelaksanaan inklusi keuangan dan aplikasi teknologi digital untuk keuangan. Jokowi dan Ratu Maxima juga berdiskusi mengenai upaya pengembangan akses perbankan bagi UMKM, petani dan nelayan.
Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad dalam sambutannya saat pembukaan Fintech Festival & Conference di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, mengatakan institusinya telah membentuk satuan tugas di bidang pengembangan ekonomi digital untuk mengatur sektor keuangan digital.
OJK juga akan menerbitkan pedoman peraturan bagi pelaku fintech agar tercipta lingkungan yang lebih kondusif bagi perkembangan fintech di Tanah Air. Selain itu, hal tersebut juga untuk menghindari potensi risiko baik teknologi serta mengutamakan perlindungan bagi konsumen, jelas Muliaman. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>