Eks TPA Namo Bintang Jadi Lokasi Agrowisata

      Tidak ada Komentar

AkhyarWakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution Msi Meninjau Bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Namo Bintang Jalan Jamin Ginting Km 14, Minggu (28/8). ( Berita Sore/ist)

Medan ( Berita ) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi meninjau bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Namo Bintang Jalan Jamin Ginting Km 14, Minggu (28/8).
Direncanakan, lahan seluas lebih kurang 16 hektar ini akan dijadikan lokasi agrowisata. Selain menambah ruang terbuka hijau, keberadaan agrowisata ini nantinya dapat mengukung pengembangan pariwisata di Kota Medan.
Peninjauan ini dilakukan Akhyar setelah mendapat perintah Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi usai mengikuti Car Free Day di Lapangan Merdeka Medan. Eldin ingin bekas TPA Namo Bintang itu secepatnya direalisasikan menjadi lokasi agrowisata. Tentunya ini akan menjadi agrowisata pertama kalinya di ibuktota Provinsi Sumatera Utara.
Selain Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadat Nasution, sejumlah pimpinan SKPD terkait seperti Kadis Pertanian dan kelautan, Akhyar, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Hasan Basri, Kadis Kebersihan, Endar Sutan Lubis, kadis Perhubungan, Renward Parapat, Kadis Perumahan dan pemukiman, Gunawan S Lubis, Kadis Pertamanan, Zulkifli Sitepu, Kadis Binas Marga, Khairul Syahnan dan kadis Pemuda dan Olahraga, Abd Azis turut mendampingi Wakil Wali kota dalam peninjauan tersebut.
Sekedar memberitahukan, Pemko Medan memiliki dua TPA yakni TPA Terjun dan TPA Namo Bintang. TPA Terjun memiliki luas sekitar 14 ha, TPA ini dioperasikan sejak Januari 1984 sampai sekarang.
Sedangkan TPA Namo Bintang yang beroperasi mulai sejak Juli 1984 memiliki lahan seluas 16 ha. Namun TPA ini telah ditutup berdasarkan Keputusan Wali Kota Medan No.658.1/317.K/III/2013 tanggal 19 Februari 2013.
Lantaran tak ingin TPA Namo Bintang dibiarkan terbengkalai seperti itu, maka Eldin pun memutuskan untuk menjadikannya lokasi agrowisata. Sebagai langkah awal mewujudkan keinginan tersebut, Eldin pun meminta Akhyar bersama SKPD terkait untuk meninjaunya. Kedatangan Akhyar disambut Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting.
Setelah melakukan peninjauan, Akhyar pun memberikan sejumlah instruksi yang harus dilakukan SKPD terkait. “Sesuai arahan dari Pak Wali, direncanakan tanggal 3 September 2016 dilakukan penanaman awal sebagai langkah pertama untuk mewujudkan bekas TPA Namo Bintang ini menjadi lokasi agrowisata. Diutamakan tanaman buah yang akan ditanam nanti,” kata Akhyar.
Untuk mendukung hal itu, Akhyar minta kepada Kadis Bina Marga dalam seminggu ini supaya membentuk jalan sesuai dengan site plan yang telah dirancang. Lalu Kadis Pertamanan diminta segera menanam pohon mahoni di sekeliling TPA Namo Bintang dan diikuti dengan pemasangan jaringan listrik untuk lampu penerang.
Kemudian Kadis Kebersihan diminta untuk membuat lobang yang akan digunakan untuk menanam. Sedangkan Kadis Pertaniand an Kelautan diminta untuk menyediakan bibit buah yang akan ditanam nanti.
Sementara itu Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting sangat mengapresiasi dan menyambut baik dijadikannya eks TPA Namo Bintang menjadi lokasi agrowisata. Untuk itu Gelora mengatakan, seluruh jajaran Kecamatan Medan Tuntungan siap membantu untuk mewujudkan keinginan Wali Kota tersebut.
“Seluruh warga Kecamatan Medan Tuntungan sangat berterima kasih kepada Bapak Wali Kota, sebab akan menjadikan eks TPA Namo Bintang menjadi lokasi agrowisata. Selain menambah RTH, kehadiran lokasi agrowisata ini tentunya akan menambah wisata baru di Kota Medan. Tentunya hal ini akan berimbas terhadap penghasilan warga sekitar,” ungkap Gelora.(edr)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>