Jokowi: Keindahan Danau Toba Komplit

      Tidak ada Komentar

HordenPRESIDEN Joko Widodo Didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubsu Tengku Erry Nuradi dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Saat Memberikan Keterangan Pers Di Perbukitan danau Toba, Panoguan Solu, Kabupaten Humbahas. (Repro/ WSP/Horden Silalahi/C )

SOLOKSANGGUL ( Berita ) : Presiden Joko Widodo mengagumi keindahan panorama Danau Toba dari perbukitan Panoguan Solu, Desa Parulohan, Kec. Lintongnihuta, Kab. Humbang Hasundutan. Dengan tawaran pemandangan indah dari atas perbukitan, Joko Widodo menilai panorama DanauToba sangat komplit.

“Danau Toba menawarkan pemandangan alamnya. Jelas kita lihat dari sini, di bawahsana ada danau, pulau kecilyang indah, ada air terjun, ada situs sejarah Raja Sisingamangaraja.

Kalau menurutsaya, komplit,” ujar Joko Wido-do,saat berkunjung ke lokasi panorama Danau Toba di Panoguan Solu, Senin (22/8). Joko Widodo yang datang bersama sejumlah menteri,masing-masing Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B Panjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sekretaris Kabinet Kerja Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, tiba dilokasi sekitar pukul 10:30. Rombongan presiden disambut langsung Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.

Saat tiba, Joko Widodo yang juga bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung melihat pemandangan indah Danau Toba dari kawasan perbukitan. “Nilai keindahan Danau Toba sangat indah. Kombinasi yang ditawarkan sangat ekspert. Hutannya juga akan kita perbaiki lagi,” katanya.

Presiden mengatakan pemerintah sedang mencari alternatif lokasi yang cocok untuk pengembangan lokasi wisata di kawasan Danau Toba.“Lokasi ini salah satunya. Disini seperti yang disampaikan bupati (Bupati Humbahas-red) tadi ada 400 hektar. Di sini dapat dipakai untuk taman bunga, resort, hotel atau wisata lain yang bisa memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat,” papar Jokowi.

Selain pengembangan kawasan itu, Jokowi juga menilai sejumlah lokasi pengembangan wisata Danau Toba juga cocok di Kabupaten Simalungun. “Alternatif selain di sini, juga di Kabupaten Simalungun. Tapi belum diputuskan. Nanti setelah diputuskan kita harus cepat-cepat melihat perlu anggaran berapa. Mana yang APBN,mana yang investasi, semuanya harus cepat-cepat diselesaikan,” tegasnya.

Terkait dukungan pengembangan wisata kawasan Danau Toba di daerah itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan pihaknya sudah siap mendukung program pemerintah pusat. “Pemkab Humbahas sudah mempersiapkan segala sesuatu hal yang diperlukan untuk pengembangan kawasan Danau Toba di daerah ini,” ujar Dosmar. (WSP/chs/h02/m46/J)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>