Wamenlu Harapkan Diplomasi Kreatif Punya “Branding” Kuat

      Tidak ada Komentar

Jakarta ( Berita ) : Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengharapkan diplomasi kreatif Indonesia mempunyai “branding” yang kuat ke dunia internasional.
“Mungkin bagi India tidak terlalu susah karena saat menyebut India, orang dapat langsung ingat lagu dan film India, atau Mesir dengan Piramida, Indonesia juga perlu ‘branding’ semacam itu,” kata Wamenlu Fachir dalam bintang-bincang “Pemuda dan Diplomasi Kreatif Indonesia” di Mall Senayan City Jakarta, Minggu [21/08].
Menurut AM Fachir, “branding” diplomasi kreatif akan dapat meningkatkan promosi sektor ekonomi kreatif, sekaligus Indonesia secara keseluruhan. Berdasarkan data Kemlu, sektor ekonomi kreatif menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 7 persen. “Karena itu, akan kita dorong dan fasilitasi siapa pun yang ingin menjadi duta diplomasi kreatif,” kata Fachir.
Wamenlu Fachir menambahkan, saat ini, Kementerian Luar Negeri RI telah mempromosikan sekaligus memanfaatkan kreativitas anak muda Indonesia, seperti film animasi “The Battle of Surabaya” dan aktor Joe Taslim untuk “branding” Indonesia ke luar negeri. “Hal ini juga bagian dari diplomasi ekonomi yang menjadi salah satu prioritas kerja Kemlu,” kata dia.
Bincang-bincang “Pemuda dan Diplomasi Kreatif Indonesia” di Mall Senayan City Jakarta, merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT Kemlu ke-71 yang ditujukan untuk mendekatkan instansi tersebut kepada publik.
Sebagai pembicara pertama dalam acara tersebut, Kemlu menghadirkan Duta Besar India untuk Indonesia Nengcha Lhouvum, aktor Joe Taslim, dan CEO Dentsu Indonesia Harris Thayeb.
Pada sesi kedua, hadir sebagai pembicara adalah Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu Jose Tavares, Koordinator PBB di Indonesia Douglas Broderick, Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Brian McFeeters, dan CEO Bahaso Tyovan Ari Widagdo. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>