Presiden : Moratorium DOB Masih Berlaku

      1 Komentar

IrianaPRESIDEN Joko Widodo Dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo Bersama Rombongan Yang Tiba Di Bandara Binaka Gunungsitoli Disambut Gubernur Sumatera Utara Dan Istri Serta Para Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias, Jumat (19/8). ( Repro/ WSP/Bothaniman Jaya Telaumbanua/B )

GunungSitoli ( Berita ) : Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan hingga saat inipemerintah belum membuka moratorium pembentukan daerah otonom baru (DOB). “Mengenai pembentukan provinsi, daerah atau kota baru, masyarakat harus tahu bahwa sekarang masih moratorium, belum dibuka,” kata Presiden Jokowi saat memberi sambutan dalam acara penyambutan di Pendopo Kota Gunung Sitoli,Sumut, Jumat (19/8).

Presiden menyebutkan setiap dirinya turun ke daerah yang diminta pasti pembentukan DOB.“Saya akan berusaha untuk membuat seleksi ketat, akan kita hitung benar, akan dikalkulasi betul bahwa setiap rencana untuk pembentukan DOB baik provinsi, kabupaten, kota,harus dengan kalkulasi matang,” katanya.

Menurut dia, perhitungannya juga harus detil dan matang sehingga pembentukan DOB tidak memberikan tambahan beban baru. “Pembentukan DOB harus betul-betul bisa mendongkrak atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, kalau saya sih yang konkret-konkret saja,”katanya.

Presiden tidak ingin pembentukan DOB hanya berdasar pada desakan-desakan politik saja.“Kalau hanya desakan-desakan politik, maaf saya tidak bisa didesak-desak, tapi kalau hitungannya matang, ekonomi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kenapa tidak,” kata Jokowi.

Sebelumnya di tempat yang sama, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Nias mengajukan sejumlah masalah seperti kekurangan listrik, sarana pendidikan dan perlunya pembentukan Provinsi Nias.

Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Nias yang juga Bupati Nias Sokhiatuto Laoly menyampaikan masalah tersebut.Ia menyebutkan Nias yang dulu hanya satu kabupaten, saat ini sudah berkembang menjadi empat kabupaten dan satu kota.

Pada kunjungan kerjanya Jokowi dan Ny. Iriana didampingi sejumlah pejabat negara antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menkumham Yassona H Laoli, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Anggota DPR RI Maruarar Sirait, Marinus Gea, Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol Budi Winarso dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Persiden dan rombongan tiba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Jum’at sekira pukul 11.37. Kedatangan Jokowi dan rombongan disambut para kepala daerah di lima kab/kota se Kepulauan Nias. Setelah beristirahat setengah jam di ruang VIP Bandara Binaka Gunungsitoli, Jokowi dan rombongan menuju Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan shalat Jumat di Masjid Jami’ Kel. Ilir Kota Gunungsitoli.

Presiden kemudian menuju Pendopo Kab. Nias melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan daerah, Ketua DPRD dan Forkkopimda se Kepulauan Nias.Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli mewakili para kepala daerah se Kepulauan Nias dalam sambutannya menyampaikan gambaran umum serta kondisi yang dihadapi oleh lima pemerintah daerah di Kepulauan Nias.

Pada kesempatan itu Bupati Nias juga menyampaikan beberapa harapan kepada presiden di antaranya masalah kelistrikan, pengembangan Bandara Binaka Gunungsitoli, Pembangunan Ring Road Nias dan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias.

Sementara itu Presiden Jokowi berjanji pada tahun 2018 Bandara Binaka Gunungsitoli akan diperpanjang menjadi 2.800 meter. Jokowi akan memprioritaskan penambahan daya listrik di Pulau Nais, dimana daya saat ini 27 MW akan ditambah sebesar 25 MW dengan membangun PLTGB yang sedang dilaksanakan tahun ini. Pada 2017 akan dilakukan lagi penambahan daya listrik sebesar 26 MW.

Mengenai pembangunan jalan lingkar Nias (ring road) yang masih tertinggal 45 km, Presiden berjanji pembangunannya dilanjutkan pada 2017. Setelah melakukan pertemuan di Pendopo Kab. Nias, Presiden menyempatkan diri blusukan menemui ratusan warga yang berada di belakang Komplek Pasar Beringin Gunungsitoli.

Kunjungan Jokowi dan rombongan dilanjutkan dengan meninjau lokasi PLTD dan Pembanguan PLTGB di Desa Dahana Kec.Gunungsitoli Idanoi guna melihat dari dekat sejauhmana penanganan masalah kelistrikan di Kepulauan Nias.

Presiden dan ibu Iriana Jokowi bersama rombongan kemudian kembali ke Kota Gunungsitoli untuk istirahat di Hotel Kaliki, Jl. Yos Sudarso Gunungsitoli. Rencananya Presiden dan rombongan akan meninggalkan P. Nias, Sabtu (20/8) pagi menuju Sibolga. (a25/J/ant/)

One thought on “Presiden : Moratorium DOB Masih Berlaku

  1. Claudia Bella

    Dengan Proses Dana Deposit dan Withdraw Yang Super Cepat Dan

    Customer Service Yang Profesional Dan Ramah. Pendaftaran Gratis !!

    S1288POKER Adalah Agen Poker Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    BBM : 7AC8D76B

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>