Tiongkok Tegaskan ASEAN Mitra Penting

      Tidak ada Komentar

Beijing ( Berita ) : Tiongkok menegaskan ASEAN adalah mitra dalam derap diplomasinya dan mendukung komunitas ASEAN untuk bersama-sama memelihara perdamaian dan stabilitas kerja sama keamanan kawasan.
Sekjen Pusat ASEAN-Tiongkok (ASEAN-China Center/ACC) Yang Xiuping menyampaikan hal tersebut pada pembukaan “ASEAN-China Day Fair”, Selasa (16/8) malam, serangkaian peringatan 25 tahun kemitraan dialog ASEAN dan Tiongkok.
“ASEAN telah memainkan peran penting dalam memelihara perdamaian dan menjaga stabilitas kawasan. ASEAN juga telah menjadi kawasan yang semakin maju dan berpengaruh bagi kemakmuran kawasan,” katanya.
Yang Xiuping mengatakan sejak 25 tahun silam ASEAN dan Tiongkok telah berkomitmen untuk membangun kerja sama di kawasan yang saling menguntungkan bagi masyarakat kedua pihak.
“ASEAN adalah prioritas bagi Tiongkok dalam derap diplomasi luar negerinya. ASEAN adalah mitra yang sangat penting bagi Tiongkok di berbagai bidang, karenanya Tiongkok pun mendukung komunitas ASEAN untuk maju bersama di berbagi bidang,” tuturnya.
Karenanya kedua pihak hendaknya saling memperkuat kerja sama untuk membangun hubungan dan kerja sama yang lebih baik, lebih menguntungkan kedua pihak di masa depan.
“ASEAN-China Day Fair” menampilkan beragam budaya dari sepuluh negara ASEAN dan Tiongkok, seperti makanan, kerajinan tangan, warisan budaya tradisional, permainan tradisional dan lainnya.
“Keragaman budaya antara ASEAN dan Tiongkok, merupakan kekayaan yang tidak ternilai, dan dapat menjadi media untuk mempererat hubungan, kemitraan dan kerja sama kedua pihak di sana datang,” kata Yang Xiuping, menambahkan.
Pertukaran budaya antara kedua pihak dapat menjadi jembatan untuk semakin menumbuhkan saling pemahaman yang baik antarmasyarakat ASEAN dan Tiongkok, sehingga hubungan serta kerja sama yang dijalin juga semakin kokoh, ujarnya menegaskan.
Pada 1991 ASEAN dan Tiongkok mulai hubungan dialog dan pada 2003 para pemimpin negara ASEAN dan Tiongkok menandatangani Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis ASEAN-Tiongkok untuk Perdamaian dan Kemakmuran.
Tiongkok adalah negara pertama yang menjalin kemitraan strategis dengan ASEAN. Pada 2013 ASEAN-Tiongkok memperingati 10 tahun kemitraan strategis tersebut dan pada 2016 ASEAN dan Tiongkok akan memperingati 25 tahun kemitraan dialog kedua pihak. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>