Presiden Undang Ribuan Masyarakat Hadiri Upacara HUT RI

      Tidak ada Komentar

HUTPresiden Joko Widodo (Kiri) Menyerahkan Bendera Merah Putih Kepada Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-71 RI Di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8). HUT Kemerdekaan RI Tahun Ini Mengangkat Tema Indonesia Kerja Nyata. ( ant/Yudhi Mahatma )

Jakarta ( Berita ) : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang ribuan masyarakat umum untuk menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu [17/08].
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya mengatakan tahun ini masyarakat umum diberikan kesempatan yang lebih besar untuk menghadiri peringatan kemerdekaan Indonesia.
Presiden Joko Widodo mengundang ribuan masyarakat umum untuk menghadiri peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka. “Presiden memang menghendaki agar masyarakat umum diberikan kesempatan yang lebih besar untuk menghadiri peringatan kemerdekaan kali ini,” katanya.
Sekitar 2.210 masyarakat umum diundang untuk dapat hadir di upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih pada Rabu, 17 Agustus 2016. Dari jumlah tersebut, 1.210 orang diundang untuk menghadiri upacara di pagi hari.
Tamu undangan khusus tersebut datang dari sejumlah daerah di Indonesia meliputi Jabodetabek, Karawang, Serang, Bandung, Medan, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sejumlah masyarakat yang hadir pada peringatan kali ini juga datang dari latar belakang dan profesi yang berbeda.
Rombongan yang datang dari Jawa Barat misalnya, mereka semua memiliki profesi sebagai petani, peternak, petugas kebersihan, komunitas kreatif film, komunitas hijabers, guru, seniman, dan pengrajin.

Undang Sejumlah Tokoh Inspirator Ke Istana

Presiden Joko Widodo mengundang sejumlah sosok yang sepak terjangnya menginspirasi komunitasnya dalam kehidupan sehari-hari ke Istana Merdeka untuk mengikuti acara peringatan Hari Ulang Tahung (HUT) ke-71 Republik Indonesia.
Pada peringatan detik-detik proklamasi tahun ini yang digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu [17/08] , Presiden Joko Widodo mengundang tamu istimewa itu untuk hadir. Sejumlah inspirator pembangunan masyarakat dan para juara olimpiade berkesempatan untuk langsung menghadiri peringatan tersebut.
“Dengan kami mengundang mereka, minimal kita semua tahu mereka. Nanti juga ada dialog antara Presiden dengan mereka, siapa tahu pemerintah punya program untuk mereka,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala beberapa waktu sebelumnya.
Ryan Timothy Abisha ialah salah satu sosok inspirator masyarakat yang mendapatkan undangan tersebut. Ia diundang atas kontribusi nyata dirinya terkait alat yang dikembangkannya.
Ryan terpacu untuk membuat tempat sampah yang bisa memilah jenis sampah sendiri secara otomatis dan alat temuannya ini ia namakan dengan “Smart Trash Bin”.
“Jadi smart trash bin itu adalah tong sampah yang bisa membedakan sampah berdasarkan jenisnya. Antara organik, anorganik, dan besi,” kata Ryan di tengah persiapan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.
Alat yang ia kembangkan tersebut membuatnya menyabet medali perak di ajang penemu muda International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Tiongkok. Selain itu, Smart Trash Bin ini juga mendapat dua penghargaan lainnya, yakni Japan Special Award dan Macau Special Award.

Terkait hal tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala sebelumnya mengatakan undangan peringatan kemerdekaan kali ini akan lebih didominasi oleh masyarakat ketimbang pejabat.
“Perbandingannya, yaitu 70 persen undangan dari rakyat dan 30 persennya dari pejabat. Rakyat diajak untuk ikut merayakan dan memiliki rasa kemerdekaan ini,” katanya. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>