Zaini Berharap KKR Ungkap Pelanggaran HAM Aceh

      Tidak ada Komentar

 

BANDA ACEH ( Berita ) : Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan komisi kebenaran dan rekonsiliasi (KKR) harus dapat bekerja pada tahun ini untuk mengungkap pelanggaran HAM di Aceh pada saat konflik.

Hal tersebut disampaikan Zaini Abdullah pada peringatan 11 tahun MoU Helsinki di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Senin (15/8). Lembaga KKR dibentuk Juli lalu, sebagai amanah dari nota kesepahaman damai Aceh Helsinki, yang kemudian dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Kemudian, Qanun tentang KKR disahkan pada 2013, yaitu Qanun No. 17/2013 tentang KKR Aceh. Lembaga ini dinilai penting, selain mengungkap kebenaran, juga berperan mencegah kekerasan agar tak lagi muncul di masyarakat.

“11 tahun perdamaian Aceh, kita dapat merasakan sendiri bagaimana kondusifnya situasi Aceh saat ini. Penghormatan terhadap HAM semakin meningkat. Pemerintah Aceh bersama DPR Aceh telah menetapkan Qanun tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi,” sebutnya.

Selain itu, Zaini menyebutkan pasca damai, Aceh telah melaksanakan dua kali Pilkada tanpa ada hambatan. Dia berharap pembangunan demokrasi yang sangat baik ini kembali terulang pada Pilkada 2017. “Pembangunan demokrasi sudah baik, dua kali pilkada tanpa ada halangan, tidak heran jika BPSRI menyebutkan Aceh wilayah indeks demokrasi tertinggi diIndonesia,” ungkapnya.

Dalam Pilkada nanti, pihak kepolisian bersama masyarakat diharapkan dapat bersinergi menyukseskannya. Dengan demikian,akan terwujudnya pilkada damai dan berkualitas. “Calon-calon yang maju gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya, jangan menghina orang lain, hormatilah hak orang lain.

Siapa yang terpilih kita sambut dengan gembira bahwa itu terjadi karena pilkada yang tidak ada intimidasi,” sebut Zaini. Dalam peringatan 11 tahun MoU Helsinki juga dilakukan pelepasan merpati, penyantunan kepada anak yatim dan diisi tausiah yang disampaikan ustadz H. Arifin Ilham. (WSP/cdr/J)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>