Pemerintah Dalami Soal Kewarganegaraan Archandra

      Tidak ada Komentar

Jakarta (Berita ) : Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa pemerintah masih akan mendalami isu kewarganegaraan ganda yang menimpa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar, yang ramai diberitakan media sejak Sabtu (13/8).
Pendalaman tersebut, kata dia, dilakukan sebagai respons pemerintah atas status kewarganegaraan Menteri ESDM yang diduga sempat mengikuti proses naturalisasi sebagai warga negara Amerika Serikat pada 2012.
“Pendalaman itu ya dipelajari dari berbagai aspek sehingga penjelasan yang diberikan ke masyarakat cukup komprehensif dan tidak sepotong-sepotong seperti sekarang,” tutur Wiranto saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin [15/08].
Ia menyatakan bahwa masalah kewarganegaraan Archandra Tahar perlu segera diselesaikan agar tidak mengganggu kinerja Kabinet Kerja yang telah dua kali mengalami perombakan.
Wiranto mengimbau masyarakat untuk bersabar dan mempercayakan pendalaman dugaan kewarganegaraan ganda Archandra kepada pemerintah. Sebelumnya, Menteri ESDM Archandra Tahar mengatakan dirinya masih memegang paspor Indonesia atau berstatus warga negara Indonesia (WNI).
Menteri yang akrab disapa Candra itu menegaskan, dirinya sudah mengembalikan proses kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). “Proses-proses di sana (AS) terkait pertanyaaan teman-teman (wartawan), sudah saya kembalikan. Coba lihat tampang saya, masih Padang kan? Bahasa Indonesia saya juga medok Padang-nya,” kata dia.
Soal status kewarganegaraan Archandra menjadi isu serius karena sesuai UU Nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara diatur bahwa menteri yang diangkat oleh Presiden harus berstatus WNI. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>