DPRD Sumut Rekomendasikan Optimalisasi Peran BUMD

      1 Komentar

Medan ( Berita ) : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mengeluarkan rekomendasi agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera melakukan langkah-langkah untuk mengoptimalkan peran berbagai Badan Usaha Milik Daerah yang dimiliki selama ini.
Rekomendasi itu disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sumut di Medan, Jumat [12/08] , dengan agenda membacakan hasil kunjungan kerja terkait pembahasan pertanggungjawaban APBD tahun 2015.
Ketika membacakan hasil kunjungan kerja Tim 1, anggota DPRD Sumut Hanafiah Harahap mengatakan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebenarnya dibentuk untuk memberikan kontribusi percepatan pembangunan di suatu daerah.
Namun dari pemantauan selama ini, termasuk dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan pada 4-9 Agustus 2016, beberapa BUMD yang ada tidak memiliki kontribusi tersebut. Ia mencontohkan operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi yang mendapatkan “suntikan dana” berupa penyertaan modal sebanyak Rp200 miliar.
Penyertaan modal tersebut diikuti perjanjian agar PDAM Tirtanadi memberikan kontribusi berupa dividen kepada Pemprov Sumut pada tahun 2016. Namun materi perjanjian itu belum terealiasi. “Pemprov Sumut harus serius meminta kontribusi tersebut,” katanya.
Demikian juga dengan PT Bank Sumut yang mengalami divalitas dan kekisruhan yang mengganggu kinerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) tersebut. “Masalah yang terjadi di Bank Sumut tersebut perlu penanganan serius,” kata politisi Partai Golkar itu. Sedangkan PT Anek Industri dan Jasa (AIJ) belum memberikan kontribusi menggembirakan meski telah menerima penyertaan modal belum lama ini.
Pemprov Sumut harus segera bertindak agar tidak terjadi pembiaran atas uang rakyat yang disetorkan ke PT AIJ, termasuk menyelamatkan berbagai aset yang dikelola BUMD tersebut. “Pemprov Sumut harus melakukan tindakan ‘extraordinary’ (luar biasa) untuk menyelamatkan uang dan aset itu,” ujar Hanafiah. (ant )

One thought on “DPRD Sumut Rekomendasikan Optimalisasi Peran BUMD

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>