Pengusaha Nias Urus Pajak Ke Sibolga

      Tidak ada Komentar

 

GUNUNGSITOLI ( Berita ): Sejumlah pengusaha di Kepulauan Nias mengeluh karena setiap mengurus administrasi terkait pajak harus ke Kantor Pajak Pratama yang ada di Sibolga.

Hal ini akan berdampak pada penerimaan pajak karena tidak tertutup kemungkinan banyak pengusaha yang menjadi wajib pajak lalai dalam mengurus dan membayar pajak.

Ketua Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia (Aspekindo) Kepulauan Nias Herianto Zega yang ditemui di kantor Aspekindo, Jln.Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Kota Gunungsitoli, Selasa (9/8) membenarkan jika untuk membayar atau mengurus NPWP, mengurus PKP, nomor seri pajak dan lain sebagainya mereka harus ke Sibolga.

“Untuk mengurus dan membayar adminstrasi yang berkaitan dengan pajak, kami pengusaha di Kota Gunungsitoli maupun Kepulauan Nias harus ke Kantor Pajak Pratama Sibolga.

Setiap ke Sibolga, kami harus mengeluarkan biaya besar, dan jumlah tersebut akan bertambah jika pengurusan tidak selesai dalam satu hari di Kantor Pajak Pratama Sibolga, Selain biaya jugamembutuhkan waktu lama untuk datang ke Sibolga,” ujar Herianto.

Menurut Herianto, Kanwil Dirjen Pajak Sumatera II sudah sepantasnya meningkatkan Kantor KP2KP Gunungsitoli menjadi Kantor Pajak Pratama. Karena saat ini, Kepulauan Nias terbagi dari kabupaten/kota, dan wajib pajaknya sudah mencapai ribuan.

“Kalau terus menerus harus ke Sibolga untuk mengurus dan membayar pajak, bisa-bisa wajib pajak di Pulau Nias malas bayar dan mengurus semua yang berkaitan dengan pajak, karena harus ke Sibolga.

Kita harus naik kapal laut satu malam, dan wajib mengeluarkan biaya makan, penginapan dan lain sebagainya berkisar Rp 2 juta atau lebih jika pengurusan tidak selesai dalam satu hari,” tandas Heryanto Zega.(WSP/a25/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>