Mantan DPO Kelas Kakap Bebas

      Tidak ada Komentar

 

IDI ( Berita ) : Setelah menjalani 2/3 masa tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Idi, Sukriadi alias Gambit bin Abu Bakar, Selasa (9/8) bebas. Sebelum ditangkap, Gambit sempat masuk dalam daftar pencari orang (DPO) kelas kakap dijajaran Polda Aceh.

Kepala Rutan Cabang Idi,Yusnaidi, SH kepada Wartawan , Selasa (9/8) menjelaskan Gambit dinyatakan mendapat Pembebasan Bersyarat (PB) berdasarkan SK Menkum HAM RI No: W1.PK.01.05.06-392/2016 tertanggal 17 Juni 2016. “Gambit kita usulkan PB karena selama menjalani masa tahanan berperilaku baik dan tidak pernah melakukan hal hal yang melanggar tata tertib di dalam rutan,”ujarnya.

PB yang diperoleh warga binaan seperti Gambit,kata Yusnaidi, harus dipenuhi beberapa ketentuan lain, di antaranya selama enam bulan ke depan tidak boleh melakukan tindak pidana kejahatan dan perbuatan yang melawan hukum.

“Jika selama enam bulan ke depan terbukti melawan hukum, maka harus ditangkap dan dikembalikan ke rutan untuk menjalani enam bulan sisa masa kurungan. Kemudian diikuti proses hukum atas perbuatannya,” jelas Yusnaidi.

Syukriadi alias Gambit ditemui Wartawan di luar Rutan Idi mengaku tidak akan mengulangi berbagai perbuatan yang melawan hukum. Sebagaimana diketahui, setelah empat tahun diburon dan masuk dalam DPO kelas kakap,akhirnya Syukriadi alias Gambit berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Aceh Timur di rumahnya Desa Alue Bu, Kec. Peureulak,. Aceh Timur, Kamis (2/7/2015) dinihari.

Gambit divonis PN Idi, 1 tahun 6 bulan dengan nomor putusan 181/Pid.B/2015/PN-IDI tertanggal 22-10-2015. Mantan DPO Polda Aceh dan Polres Aceh Timur terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana tercantum dalam Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.(WSP/b24/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>