Akhyar : Jaga Kekompakan Antar Calhaj

      Tidak ada Komentar

WWWakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution Melepas Keberangkatkan 1,854 Calon Jamaah Haji (Calhaj) Asal Kota Medan Di Hotel Emerald Garden, Rabu (10/8) ( Berita Sore/ist)

*Melepas Berangkatkan 1.854 Calhaj Asal Kota Medan

Medan ( Berita ) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution melepas keberangkatkan 1,854 calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Medan di Hotel Emerald Garden, Rabu (10/8). Pelepasan keberangkatan ini ditandai dengan penepungtawaran sekaligus memberikan ucapan selamat kepada seluruh calhaj, termasuk Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri bersama Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Medan, Ilhamsyah bersama istri Ratna Sitepu yang juga anggota DPRD Medan.

Pelepasan keberangkatan ini berlangsung dengan penuh khidmad. Seluruh calhaj hadir untuk mengikuti acara tersebut. Selain fokus untuk melaksanakan seluruh rukun haji, Akhyar juga berpesan agar seluruh calhaj untuk terus menjaga kekompakan antar calhaj, khususnya antar calhaj Kota Medan dan saling membantu.

Selain itu pesan Akhyar lagi, para calhaj juga harus selalu menjaga nama baik dan marbat bangsa, sebab pada saat melaksanakan ibadah haji nanti akan bergabung dengan jamaah dari negara lain di seluruh dunia. Oleh karenanya para calhaj nantinya diingatkan untuk selalu menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Saya berharap keberangkatan para calon calhaj dari Kota Medan ini, selain fokus melaksanaan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta – duta bangsa maupun duta – duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan serta hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain,” Akhyar

Mantan anggota DPRD Medan ini selanjutnya mengungkapkan, keberangkatan para calhaj ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT. Di samping itu keberangkatan ini juga harus didasarkan pada hati yang ikhlas dan gembira, sehingga tidak ada beban sedikit pun dalam melaksanakan haji.

Kemudian Akhyar mengingatkan lagi, ibadah haji yang dilaksanakan ini hendaknya bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Artinya para calhaj itu hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu yakni ibadah secara total, bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata melainkan ibadah batin juga..

Di kesempatan itu Akhyar menyampaikan permohonan maaf, sebab Pemko Medan tidak dapat lagi memfasilitasi atau memberikan pelayanan makan dan minum jemaah haji asal Kota Medan selama berada di Mekkah, sebagaimana yang kita lakukan pada tahun sebelumnya.

“Pemerintah pusat (Kementrian Agama) telah menganggarkan makan dan minum bagi para jemaah haji di Mekkah sebanyak 24 kali yakni siang dan malam atau 12 hari. Untuk itu para jamaah haji tidak perlu khawatir tentang pelayanan makan dan minum selama menunaikan ibadah haji, semoga kedepannya pelayanana haji kita semakin baik”, katanya.

Tak lupa Akhyar juga berpesan agar para calhaj, selama berada di Tanah Suci untuk terus menjaga kesehatan, mengingat suhu udara di sana cukup berbeda dengan di Tanah Air. Untuk itu diharapkan kepada para calhaj agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas, apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan.

“Saya berharap calhaj Kota Medan, dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan kembali ke Tanah Air dengan kondisi sehat. Selain itu senantiasa mendoakan Kota Medan ini semoga kemakmuran dan kesjahteraan rakyat terus meningkat. Artinya dengan doa khusus para calhaj nanti, insya Allah kita mampu mewujudkan Kota Medan menjadi lebih aman, nyaman, sejahtera dan religius pada masa mendatang”, harapnya.

Sementara itu Ketua BKD DPRD Medan, Ilhamsyah didampingi istri, Ratna Sitepu mewakili calhaj menyampaikan ucapan terima kasih terima kasih kepada Pemko Medan karena telah memfasilitasi jadwal keberangkatan. Diharapkannya kedepan, Pemko Medan lebih memperhatikan kenyamanan para calhaj walaupun saat ini sudah nyaman.

“Medan merupakan barometer Sumatera Utara, kami calhaj dari Kota medan berharap kepada pemko Medan agar lebih giat lagi membangun kota ini. Atas dasar itu kami juga nanti disana akan mendoakan Kota Medan dan pemimpinnya agar menjadi pemimpin yang amanah dan memajukan kota yang kita cintai ,” ungkap Ilhamsyah.

Sebelumnya Kabag Agama dan Pendidikan Kota Medan, Ilyas Mpd dalam laporannya mejelaskan,pemberangkatan calhaj Kota Medan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara calhaj dengan Pemko Medan. Untuk tahun ini, kata Ilyas, jumlah calhaj yang berangkat sebanyak 1.854 calhaj.
“Keberangkatan calhaj asal Kota Medan ini tergabung dalam beberapa kloter. Beberapa calhaj asal Kota Medan tergabung dalam kloter 5, sedangkan yang lainnya tergabung dal;am kloter 8 sampai 12. Mereka akan didampingi oleh 12 Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) yang tergabung di masing – masing kloter,” PAPAR Ilyas.

Selanjutnya Ilyas pun berpesan agar para calhaj nanti untuk menjaga kesehatan, terutama para calhaj yang berusia lanjut. Sebab, berdasarkan informasi yang diterimanya, suhu udara di Tanah Suci saat ini mencapai 42 derajat. Untuk itu Ilyas menyarankan agar para calhaj untuk banyak mengkonsumsi air putih dan mengurangi aktifitas yang kurang perlu. (edr)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>