Menteri Pertahanan & Luar Negeri Singapura Puji Pembangunan Di Medan

      Comments Off

EldinWali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S Msi Menerima Kunjungan Menteri Pertahanan Dan Luar Negeri Singapura, Dr Muhamad Maliki Osman Di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (2/8). ( Berita Sore/ist)

Medan ( Berita ) : Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Singapura, Dr Muhamad Maliki Osman melihat perkembangan Sumatera Utara, khususnya Kota Medan dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ini cukup pesat. Pembangunan terus bergeliat sehingga wajah ibukota provinsi Sumatera Utara kini terlihat jauh berubah.
Penilaian ini disampaikan Osman ketika bertemu dengan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di rumah dinas Wali kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (2/8). Selain bersilaturahmi, kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk menjalin kerjasama dengan Kota Medan. Osman menilai banyak yang bisa dikerjasamakan, terutama bidang ekonomi, sosial maupun budaya.
Osman mengaku kunjungan ke Medan ini merupakan kedua kalinya dilakukan. Sebelumnya tahun 2005, pria yang juga masih menjabat sebagai Wali Kota di salah satu kota di Singapura mengaku pernah mengunjungi Medan pasca tsunami yang melanda Naggroe Aceh Darusalam (NAD). “Jika dibandingkan ketika saya datang 10 tahun lalu, pembangunan di Kota Medan sekarang ini sangat pesat sekali,” puji Osman.
Dalam kunjungan keduanya ini, Osman ingin menjalin hubungan yang lebih erat dengan Indonesia, terutama Kota Medan. Apalagi pada 24 Agustus mendatang, kata Osman, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong akan melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam rangka meningkatkan kerjasama antar kedua negara.
“Saya melihat banyak yang bisa kita kerjasamakan sehingga kita bisa sama-sama maju lagi ke depannya. Saya ingin hubungan yang selama ini sudah baik bisa menjadi lebih erat lagi.
Apapun yang ingin dikerjasamakan kita siap, termasuk untuk memberikan pelatihan bagi para pejabat di Kota Medan, terutama menyangkut bidang penghijauan yang telah berhasil dilakukan di Singapura,” ungkap Osman.
Dijelaskan Osman, masalah penghinajaun telah direncanakan sejak lama oleh pemerintah Singapura. Kini negara tetangga yang berjuluk Negeri Singa itu ingin menjadi city garden, dimana kehidupan di sana tak ubahnya seperti dalam taman. Itu sebabnya seluruh gedung-gedung yang ada diminta untuk ikut melakukan penghijauan.
Wali Kota Medan, Drs H T Dzumli Eldin S MSi didampingi Asisten Pemerintahan, Musadat Nasution, serta Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Hasan Basri mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Singapura. Ditambah lagi kunjungan yang dilakukan itu dalam rangka untuk menawarkan sejumlah kerjasama guna mempererat hubungan Singapura dengan Kota Medan.
Selanjutnya Eldin menyambut baik tawaran Osman, terkait untuk memberikan pelatihan kepada pejabat di lingkungan Pemko Medan sehingga pembangunan yang dilaksanakan di Singapura bisa diterapkan di Kota Medan. Salah satu yang menarik bagi Eldin, soal tawaran pelatihan mengenai penghijauan.
“Insya Allah melalui pelatihan itu nantinya, kita bisa menjadikan Medan menjadi green city. Untuk itu saya akan berencana akan mengirim pejabat kita ke sana (Singapura) mengikuti pelatihan,” kata Eldin.
Dalam pertemuan itu Eldin kemudian juga mengungkapkan, pihaknya kini tengah mengembangkan ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan di Kota Medan. Sebab, ekonomi kreatif ini telah terbukti mampu bertahan pada saat terjadinya krisis ekonomi.
Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelatihan. “Dengan pelatihan yang diberikan ini, kita berharap agar ekonomi kreatif ini dapat terus berkesinambungan,” papar Eldin. (edr)