Agara Buka Formasi CPNS

 

“LIRA Menilai Honorer K2 Juga Syarat Permainan”

 

KUTACANE (Berita) : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 (21/8), telah mengirimkan jadwal pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Tenaga Honorer Kategori II dan Pelamar Umum.

Pembukaan CPNS jalur pelamar umum untuk Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) jumlahnya kuotanya sekitar 50 orang, formasi untuk sementara ini yang kita terima baru khusus untuk bidang pendidikan saja, jurusan guru produktif/guru terampil dan guru kelas. Namun pun demikian pihak Pemkab Agara melalui Badan Kepagawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP)/BKD Agara juga telah mengusulkan agar jurusan lainnya seperti guru biologi,dan jurusan lainnya juga dapat diterima,kata Irfan Sebayang,Kabid Pembinaan dan Pengembangan PNS, kepada, Berita, Selasa (27/8) diraung kerjanya.

Dijelaskannya,selain bidang pendidikan Agara juga akan mengusulkan formasi CPNS untuk bidang Kesehatan,khusus dokter gigi dan dokter umum. Menurut,informasi yang kita terima dari Ke Men PAN-RB,bahwa ujian CPNS akan direncanakan sekitar (29/8) dan pelaksanaanya serentak dengan ujian K2 tenaga honorer daerah,dengan sistem ujian seperti tahun sebelumnya dengan metode Lembar Jawaban Komputer (LKJ),jelas Irfan.

Lanjut, Kabid BKD Agara itu menjelaskan, bahwa di provinsi Aceh,hanya sekitar 7 kabupaten/kota yang membuka penerimaan CPNS 2013, yakni Aceh Tenggara,Gayo Lues, Aceh Selatan,Pidie Jaya, Singkil dan Banda Aceh. Ditambahkannya,hingga kini secara resmi BKPP Agara belum juga menerima surat resmi formasi dan jurusan CPNS 2013 khusus Kabupaten Aceh Tenggara dan kita masih menunggu informasi lanjutan,ujar Irfan mengakhiri.

Sementara itu,terkait tenaga honorer K2 Aceh Tenggara, Bupati LSM LIRA,M Saleh Selian,saat dikonfirmasi,Berita,Selasa (27/8) menyatakan,pihaknya menduga di dalam honorer K2 Aceh Tenggara masih ada permasalahan serius. Bahkan LIRA menilai bahwa honorer K2 yang akan mengikuti ujian pada bulan depan syarat dengan permainan oleh oknum pejabat yang berkompeten. Dalam waktu dekat LSM LIRA juga akan menyurati lembaga terkait dan melaporkan pejabat terkait di BKPP Aceh Tenggara yang di duga bermain dalam honorer K2,tegas Saleh.

Hal senada juga diutarakan,Ketua LSM GeBRaK Aceh Tenggara, Pajriansyah, kepada, Berita,Selasa (27/8) via Hp selulernya, menegaskan seraya meminta agar pihak Menpan-RB dan BKN pusat untuk menunda ujian tertulis bagi honorer K2 khusus di Aceh Tenggara. Sebab,k ata Pajri, pihaknya menduga honorer K2 di Agara,masih syarat dengan permainan. Bahkan permasalah K2 ini juga sudah kita laporkan ke Polda Aceh,sekitar dua bulan yang lalu,kata Pajri. (jp/aie)