3.465 Mahasiswa Baru Jalur UMB PT USU – Unimed

 

MEDAN (Berita): Hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMB PT) yang dilaksanakan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Sumatera Utara (USU) serentak bersama 12 PTN lainnya di Indonesia diumumkan Minggu (28/7).

Peserta dapat melihatnya melalui www.penerimaan.spmb.or.id. Dari  12.205 peserta yang mengikuti ujian tulis itu, hanya 3.465 yang berhasil lolos untuk dapat kuliah di Unimed dan USU.

Khusus untuk Unimed, dari 6.208 peserta yang mengikuti ujian, yang dinyatakan lulus sebanyak 1.870 orang. Sedangkan program studi paling diminati di Unimed untuk UMB-PT ini yakni prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 138 orang, PGSD 122 orang, Pendidikan Biologi 91 orang, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)  85 orang, dan Pendidikan Kimia 83 orang.

Rektor Unimed Prof Dr Ibnu Hajar Msi menyampaikan hal itu melalui Pembantu Rektor I Prof H Khairil Ansari, Purek II Chairul Azmi Hutasuhut dan Humas Tappil Rambe kepada wartawan di kampus Unimed, Jalan Willem Iskandar, Minggu (28/7) sore.

Purek II mengingatkan kepada peserta yang lulus agar segera melakukan pra registrasi ulang mulai 1 – 6 Agustus 2013 secara online melalui http://baak.unimed.ac.id. Pra registrasi ini dilakukan dengan mengisi borang biodata melalui website itu dan mencetak biodata itu serta membubuhi materai.”Pengisian borang biodata calon mahasiswa Unimed dilaksanakan pada 1-6 Agustus hingga pukul 23.59 Wib,” kata Chairul.

Tahap selanjutnya peserta mengikuti kegiatan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) pada 14-16 Agustus bersamaan dengan mahasiswa yang telah lulus lewat jalur SNMPTN sebelumnya

Sedangkan pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan mulai 1 -19 Agustus melalui Bank BNI’46 dengan rincian uang kuliah per semester  untuk kelompok Eksakta Rp2,250 juta, Non Eksakta Rp2 juta dan Bilingual Rp3,5 juta. Pengembalian berkas registrasi dijadwalkan 19-23 Agustus di Lantai I Gedung Serbaguna Unimed, mulai pukul 08.30 – 15.00 Wib.

Chairul menegaskan, apabila pada waktu yang telah ditetapkan itu calon mahasiswa baru tidak mendaftar ulang dengan alasan apa pun, maka haknya sebagai mahasiswa Unimed dinyatakan gugur.

Prof Khairil menambahkan, saat ini penerimaan mahasiswa baru di Unimed sudah selesai. Artinya, tidak ada lagi penerimaan mahasiswa baru untuk jalur apapun. Dengan demikian total jumlah mahasiswa Unimed saat ini berjumlah 5.770. Jumlah ini setelah digabungkan dengan 1.870 mahasiswa yang lulus UMB PT ini.

Sementara di USU, dari 5.997 peserta yang mendaftar ujian tulis UMB PT, hanya 1.595 orang berhak lulus. Ketua Panitia Lokal (Panlok) UMB-PT USU Prof Zulkifli Nasution melalui Koordinator Humas Bisru Hafi mengakui, jumlah peserta mendaftar ujian yang membludak sedangkan daya tampung terbatas membuat peserta harus bersaing ketat agar bisa lulus. Sehingga alokasi kursi 1 banding 6 untuk dapat duduk di USU melalui jalur UMB PT ini.

Menurutnya total jumlah ini lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Bisru menyebutklan seharusnya pendaftar di UMB-PT lebih sedikit karena sebelumnya sudah ada penerimaan mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bisru juga mengingatkan peserta yang lulus agar melakukan pelaporan pada 1 Agustus untuk Kelompok Eksakta dan 2 Agustus untuk Kelompok Non Eksaktra. Tempat pelaporan di Pendopo USU mulai pukul 09.00 – 12.00 Wib.(aje)