Angkutan Lebaran Tahun Ini Diperkirakan Meningkat

MEDAN (Berita): Jumlah penumpang angkutan lebaran tahun ini 2013 diperkirakan akan meningkat. Baik angkutan jalan, kereta api, laut maupun udara. Meski pada tahun sebelumnya 2012 angkutan jalan dan kereta api terjadi penurunan dibanding tahun 2011. Namun untuk tahun ini akan meningkat.

Demikian Kadishub Sumut Anthony Siahaan,SE,ATD,MT pada jumpa pers di Kantor Kominfo Sumut, Senin,[15/07] di Medan. Dikatakan Anthony, peningkatan jumlah penumpang tersebut antara lain sudah membaiknya infrakstruktur jalan dan meningkatnya kualitas pelayanan kepada penumpang.

Untuk angkutan jalan, sebut Anthony, bila pada tahun 2012 terjadi penurunan sekira 7.25 persen dibanding tahun 2011, maka untuk tahun 2013 angkutan jalan akan terjadi kenaikan  jumlah penumpang sekira 5 persen.

Demikian juga dengan angkutan kereta api, bila pada tahun 2012 terjadi penuruan sekira 27.28 persen bila disbanding pada tahun 2011, maka pada tahun ini diperkirakan akan naik sekira 4 persen.

Sementara untuk angkutan laut diprediksi pada tahun ini 2013 akan terjadi kenaikan sekira 5 persen disbanding pada tahun 2012, demikian juga dengan angkutan udara juga akabn mengalami kenaikan sekira 18 persen disbanding tahun 2012.

 

Masa Pemantauan

Dsisi lain jelas Anthony, masa pemantauan angkutan lebaran tahun ini yakni, pada H-7 dan H+7. Sedangkan arus puncak mudik dan balik diperkiarakan., untuk angkutan jalan dan kereta api, akan terjadi pada H-5 sampai dengan H-1, sedangkan arus balik diperkiarakan akan terjadi lonjakan penumpang pada H+2 yakni setelah lebaran.

Untuk angkutan laut, akan terjadi lonjakan penumpang pada arus mudik yakni pada H-5 samapi dengan H-3, sedangkan arus balik diperkiarakan melonjak pada H+4. Untuk angkutan udara, akan terjadi lonjakn arus mudik pada H-3 sampai dengan H-1, sedangkan arus balik yakni pada H+2 setelah lebaran,jelas Anthony. (lin)