Unimed dan USU Ingatkan Peserta Lulus SBMPTN Registrasi Ulang

MEDAN (Berita): Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Sumatera Utara (USU) mengumumkan hasil ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, Selasa [9/7]. Dari 15.419 peserta ujian SBMPTN di Unimed, hanya 2.113 peserta yang diterima. Sedangkan 31.613 peserta ujian di USU, sebanyak 3.010 orang yang berhasil lolos sebagai mahasiswa baru di PTN itu. Total yang diterima di Unimed dan USU sebanyak 5.123 orang.

Ketua Panitia Lokal SBMPTN Unimed Prof Khairil Ansari didampingi Kabag Biro Administrasi Kemahasiswaan A Gani dan Humas Tappil Rambe, Senin [8/7] mengingatkan peserta yang lulus agar segera melakukan registrasi (daftar) ulang. Pasalnya, jika tidak mendaftar ulang atau terlambat melakukan daftar ulang maka peserta dianggap gugur. “Registrasi mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN,  mulai 22 sampai 26 Juli. Apabila  mahasiswa baru tidak mendaftar ulang maka haknya sebagai mahasiswa baru dinyatakan gugur,” katanya.

Dijelakan, calon mahasiswa mendaftar  mengisi borang secara online di laman http://baak.unimed.ac.id, setelah itu mencetak borang yang telah diisi secara online dan menempelkan materai senilai Rp6 ribu serta menandatanganinya.

Untuk pengisian borang dilakukan mulai 10 hingga 17 Juli 2013. ” Saya harapkan mahasiswa baru mengisi data yang sesungguhnya, apabila data yang diberikan kepada Unimed palsu maka mahasiswa itu akan dinyatakan gugur,” kata Khairil Anshari.

Khairil megatakan persentase mahasiswa baru yang diterima sebesar 13,70 persen. Dari 2.113 mahasiswa baru yang diterima 124 diantaranya merupakan beasiswa  pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi). Sumut juga masuk kategori 10 besar nilai tertinggi untuk kategori nilai Sosial Humaniora (IPS).  A Gani menambahkan, biaya pendidikan menggunakan konsep uang kuliah tunggal (UKT) untuk saintek Rp1,6 juta dan Soshum Rp1,5 juta/semester. Dan yang terendah belum diketahui, tergantung hasil isian borang.

Humas Unimed Tappil Rambe menambahkan, bagi peserta SBMPTN yang belum berhasil lulus jangan berkecil hati, karena masih ada seleksi UMB-PTN (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri) di Unimed. “Peserta berminat mengikuti UMBPT juga bisa mendaftar ke Unimed, selain ke USU,” ujar Tappil.

Seleksi yang sering disebut jalur Mandiri tersebut telah dibuka sejak 27 Mei lalu dan dijadwalkan akan berakhir pada 19 Juli mendatang. UMB-PT merupakan pola jalur seleksi yang digelar bersamaan dengan 14 PTN lainnya di Indonesia.

Terpisah, kata Ketua Panitia UMB-PT USU Prof. Zulkifli Nasution melalui Kepala Humas USU, Bisru Hafi mengatakan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN sebanyak 3.010 dari 31.613 jumlah pendaftar. Bisru juga mengingatkan peserta yang lulus agar melakukan registrasi ulang sesuai ketentuan jadwal. Melalui jalur masuk UMB-PTN 2013, USU akan membuka kuota mahasiswa baru sebanyak 1.544 orang.

“Secara keseluruhan total mahasiswa baru yang akan diterima adalah melalui tiga jalur seleksi dengan jumlah 7.884 orang, dan dari jalur Mandiri ini nantinya akan tersedia kursi sebanyak 1.544 lagi, “ ujarnya.(aje)