Mendiknas Buka Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Inti SD

 

MEDAN (Berita):Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof DR M. Nuh mengatakan bahwa Kurikulum 2013 ini adalah untuk menyempurnakan kurikulum yang sudah ada. Hal ini menurut M Nuh sesuai dengan perkembangan jaman, perubahan Ilmu pengetahuan, sosial budaya dan kebutuhan masyarakat.

“Kurikulum ini adalah perbaikan dan penyempurnaan kurikulum yang sudah ada sesuai dengan perkembangan zaman,” Kata Menteri. pada acara Pembukaan Pelatihan Kurikulum 2013 Guru Inti SD Kelas I, IV, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Regional Medan, Kamis (4/7) di Gedung Pancasila LPMP Provinsi Sumatera Utara.
Selanjutnya Menteri mengharapkan kepada guru-guru inti peserta diklat untuk memanfaatkan betul momen ini, karena tidak semua guru-guru bisa jadi guru inti. Dan juga dengan momen ini semakin menambah pengetahuan dan keterampilan yang lebih karena nantinya guru-guru inti akan memberi pengertian kepada guru-guru sasaran. “Peserta harus bersyukur karena sudah terpilih jadi guru inti, yang nantinya akan memberi pengertian dan pendampingan kepada guru-guru sasaran,” harap menteri.

Pada kesempatan itu Wagubsu H T Erry Nuradi MSi mengatakan dengan terbitnya kurikulum tahun 2013 untuk semua pendidikan dasar dan menengah merupakan salah satu langkah sentral dan strategis dalam kerangka penguatan karakter menuju bangsa yang madani.

Lebih lanjut dikatakan Wagubsu kurikulum 2013 yangf dikembangkan secara komprehensif, integratif, dinamis, akomodatif dan antisipatif diyakini akan mampu menghadapi berbagai tantangan pada masa yang akan datang.

“Kurikulum 2013 yang didisain berdasrkan pada budaya dan karakter bangsa, bebasis peradaban dan berbasis kompetensi akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang muncul di masa depan” ujar Wagubsu.

Seperti yang diketahui sejak tahun 2001 pemerintah melalui pemerintah melalui departemen pendidikan nasional sekarang benomenklatur kementerian pendidikan dan kebudayaan, telah mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi (‘KBK) dan seterusnya tahun 2006 menjadi kurikulum Tinggkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan pada saat ini dan masa yang akan datang kurikulum dimaksud perlu dikembangkan dalam pengembangan kurikulkum berbasis kepentingan bangsa di masa depan.

“Hal ini sangat penting dan perlu demi lulusan yang mampu bersaing tidak hanya ditingkat lokal, tetapi juga di tingkat nasional dan internasional sehingga dapat mendukung pemecahan berbagai persoalan bangsa ” tukas Wagubsu..

Panitia Penyelenggara Drs H Bambang Winardi MPd yang juga Kepala LPMP Provsu mengatakan kegiatan ini diikuti 787 peserta guru-guru inti yang dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 8 Juli 2013 yang pelaksanaannya di LPMP Sumut dan sejumlah hotel di Medan.

Turut hadir pada acara tersebut Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Dr Joko Santoso, MSc, para staf ahli menteri, staf khusus Menteri, Kadis Pendidikan Provsu dan peserta diklat. (lin)