1.031 Peserta Ujian Gelombang I Tes Masuk UMSU

MEDAN (Berita): Sebanyak 1.031 peserta mengikuti tes masuk gelombang I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang telah dibuka pendaftarannya sejak 4 Maret sampai 14 Juni 2013 lalu. Pengumuman hasil kelulusan akan dilakukan pada 18 Juni 2013 melalui website dan 20 Juni 2013 di papan publikasi yang ditempelkan di kampus Jl Muktar Basri Medan.
Rektor UMSU diwakiliWakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Ahmad Sinagar S.Sos MM, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan H Muhammad Arifin Gultom SH MHum dan Sekretaris Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Yudi Iswadi SE MM ketika meninjau ujian tes masuk, Sabtu pekan lalu mengatakan, pelaksanaan ujian berjalan aman dan lancar.
Bagi peserta yang lulus diharuskan melakukan registrasi ulang yang dilaksanakan mulai 20 Juni sampai 26 Juli 2013. Khusus bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus tes masuk, jika tidak melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang telah ditetapkan maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
Pada kesempatan ini, Ahmad Sinaga mengutarakan, seharusnya ujian tes masuk gelombang I ini ditinjau Rektor UMSU Drs Agussani MAP, tapi berhalangan karena sedang melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci Mekkah.
Sedangkan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMSU Dr Muhyarsyah MM yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik saat ini sedang berada di luar negeri karena ada urusan tugas.
Sementara itu Sekretaris Panitia menjelaskan, penerimaan gelombang II dibuka pendaftarannya mulai 15 Juni sampai 16 Juli, tes masuk 27 Juli, pengumuman 29 Juli dan registrasi ulang 29 Juli sampai 24 Agustus 2013.
Sedangkan pendaftaran gelombang III dibuka mulai 27 Juli sampai 27 Agustus, tes masuk 28 Agustus, pengumuman 29 Agustus dan registrasi ulang 29 Agustus sampai 6 September.
Khusus untuk tes masuk gelombang I ini, sebanyak 42 ruang kelas kuliah yang berada di gedung E digunakan untuk peserta ujian dengan 42 pengawas dosen dan pegawai di lingkungan UMSU.
Menyinggung biaya SPP, Yudi mengatakan, khusus untuk kelas malam biaya SPP ditambah Rp 200 ribu untuk semua program studi yang ada di UMSU. “Sejak tiga tahun terakhir ini, UMSU tidak membebankan kenaikan biaya SPP bagi calon mahasiswa baru dan tidak memberikan diskon bagi mahasiswa yang lulus dan diterima,” tambahnya.
UMSU kini mengasuh 8 fakultas yakni, kedokteran, ekonomi, hukum, keguruan dan ilmu pendidikan, teknik, ilmu sosial dan ilmu politik, agama islam dan pertanian dengan dengan 25 program studi strata satu (S1) dan 1 program diploma D3.(aje)