4.479 Peserta se Indonesia Siap Bertarung di FLS2N 2013

MEDAN (Berita): Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2013 yang dilaksanakan 16-22 Juni di Kota Medan akan diikuti sekitar 4.479 peserta mulai tingkat SD, SMP, PKLK, Dikdas, SMA, PKLK Dikmen dan SMK dari 33 provinsi se Indonesia siap untuk bertarung di kegiatan tersebut.
Kadis Pendidikan Provinsi Sumut Drs Mohammad Zein MSi didampingi Ketua Umum Panitia Drs Henri Siregar MPd dan Koordinator Publikasi Drs Saut Aritonang MHum kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/6) mengatakan kegiatan tersebut akan dibuka Mendikbud M Nuh dan dihadiri Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi di Lapangan Merdeka Medan, Senin malam (17/6).
FLS2N yang mengusung tema”Karya Prestasi Siswa Untuk Kemilau Budaya Nusantara” itu bertujuan untuk membina dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni dan sastra, menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakarpada budaya bangsa serta membangun karakter bangsa.
Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi siswa secara langsung yang bisa diterapkan dalam diri siswa dan terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, sekolah dan antar provinsi di bidang kesenian. Selanjutnya akan terwujudnya rasa cinta terhadap nilai dan tradisi yang berakar pada budaya bangsa dan pengembangan bakat dan kreatifitas.
Selama kegiatan berlangsung tambah Kadisdiksu, serangkaian festival dan perlombaan, seperti tingkat siswa SD digelar lomba menyanyi solo, lomba seni tari daerah, keterampilan (mengayam, seni kriya), lomba pidato bahasa Indonesia, lomba membuat cerita bergambar dan lomba seni pantonim.
Untuk siswa SMP diperlombakan, lomba vocal grup, lomba seni baca Al Quran, lomba menulis cerpen, lomba dongeng (story telling), lomba menyanyi solo tunggal dan lomba seni tari kreasi daerah.
Di FLS2N ini juga diperlombakan untuk siswa pendidikan khusus dan layanan khusus pendidikan dasar (PKLK Dikdas) yakni, lomba menyanyi solo (tunggal SDLB), lomba seni lukis dan mewarnai SDLB, lomba cipta dan baca puisi SDLB, lomba menyanyi solo tunggal (SMPLB), lomba seni lukis dan mewarnai SMPLB serta memainkan alat musik modern SMPLB.
Untuk tingkat siswa SMA akan diperlombakan seperti lomba cipta dan baca puisi, lomba menyanyi solo, lomba seni baca Al Quran, lomba desain poster, lomba seni kriya, lomba seni tari berpasangan dan lomba drama/teater. Selain itu untuk siswa PKLKDikmen juga diperlombakan seni lukis, menyanyi solo, lomba tat arias dan modeling, lomba seni tradisional, lomba desain grafis dan komputer serta lomba seni pantonim.
Dalam kegiatan FLS2N ini tambah Zein, juga diperlombakan seni tradisional misalnya, lomba seni tari daerah/karawitan, lomba seni teater bahasa Indonesia, lomba seni musik/band, lomba seni musik gitar klasik tunggal untuk siswa SMK.
Selama FLS2N berlangsung, panitia menggelar pameran pendidikan dan beragam lomba seni tingkat provinsi Sumut di Lapangan Merdeka. Perlombaan itu diantaranya, festival tari daerah tingkat SD, festival paduan suara tingkat SMA/SMK, festival marching band tingkat pelajar, pertunjukan drum bettle dan festival tari musik etnis tingkat SMP. (aje)