UMSU Tingkatkan Kualitas Akreditasi Prodi

MEDAN (Berita): Dalam upaya meningkatkan mutu layanan akademik dan kualitas lulusan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), salah satunya adalah pelayanan akreditasi di delapan fakultas dan 26 program studi strata satu (prodi S1) dan 1 program diploma (D3). Saat ini kondisi kinerjanya berjalan baik dan mendapat legalitas dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
“Dalam waktu dekat ini, kita sedang menunggu hasil akreditasi perpanjangan masa program studi teknik sipil, elektro dan mesin (FT), agroekoteknologi, agribisnis dan ilmu teknologi pangan (FP), akuntansi dan ekonomi pembangunan (FE) dan Ilmu Kesejahteraan Sosial (Fisip),” ujar Rektor UMSU Drs Agussani MAP menjawab wartawan, Rabu (29/5) berkaitan hasil kunjungan tim asesor BAN-PT di kampus UMSU belum lama ini.
Agussani menyebutkan bahwa, UMSU selalu taat azas menyangkut pelaporan maupun penyusunan borang akreditasi program studi yang akan berakhir masa berlaku. “Kita sudah persiapkan batas waktu enam bulan sebelum habisnya masa berlaku program studi untuk mengajukannya ke BAN-PT agar diproses kembali,” ujarnya.
Perlu diketahui, dari 8 fakultas di UMSU terdiri dari kedokteran, agama islam, keguruan dan ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian, ekonomi, hukum dan teknik dengan 25 program studi strata satu (S1) dan 1 program diploma (D3) antara lain, pendidikan dokter.
Program studi komunikasi dan penyiaran islam, pendidikan agama islam, pendidikan guru raudhatul athfal, perbankan syariah, bisnis dan manajemen syariah, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pendidikan akuntansi, bimbingan dan konseling.
Selanjutnya, agroekoteknologi, agribisnis, ilmu dan teknologi pangan, manajemen, akuntansi, ekonomi pembangunan, ilmu hukum, teknik sipil, elektro, mesin dan program D3 manajemen perpajakan semuanya sudah terakreditasi oleh BAN-PT.
Rektor menambahkan, berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 ini, sudah mempersiapkan diri dan senantiasa konsisten untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang berhubungan dengan upaya pelayanan mutu pembelajaran dan perkuliahan termasuk memperhatikan kinerja bidang akademik untuk pemenuhan akreditasi seluruh program studi di UMSU.
“Selain mendapatkan pengakuan dari BAN-PT, akreditasi ini juga merupakan kepercayaan msyarakat terhadap UMSU di dalam menjalankan kegiatan akademik, proses belajar mengajar dan peningkatan mutu universitas dan kompetensi lulusan,” tambahnya.
Kunjungan tim asesor BAN-PT antara lain, Dr Ir Machfud MS dan Prof Dr Ir Imas Siti Setiasih SU pada 23-25 Mei 2013 itu bertujuan untuk mengevaluasi kinerja penyusunan pembuatan borang akreditasi program studi di universitas swasta terbesar di Sumatera Utara itu.(aje)