UMSU Terima Mahasiswa Kuliah Kelas Malam

MEDAN (Berita): Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun akademik 2013 khusus bagi mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan di kelas malam. Pendaftaran gelombang I sudah dimulai sejak 4 Maret dan berakhir pada 14 Juni 2013.
Rektor UMSU Drs Agussani MAP kepada wartawan di kampus Jl Muktar Basri Medan, Kamis (30/5) mengatakan, tes masuk dilaksanakan pada 15 Juni, pengumuman 17 Juni dan registrasi ulang 17 sampai 20 Juli 2013.
Selanjutnya penerimaan gelombang II dibuka pendaftarannya mulai 15 Juni sampai 16 Juli, tes masuk 27 Juli, pengumuman 29 Juli dan registrasi ulang 29 Juli sampai 24 Agustus 2013. Sementara untuk pendaftaran gelombang III dibuka mulai 27 Juli sampai 27 Agustus, tes masuk 28 Agustus, pengumuman 29 Agustus dan registrasi ulang 29 Agustus sampai 6 September.
UMSU, kata Agussani, kini mengasuh 8 fakultas yakni, kedokteran, ekonomi, hukum, keguruan dan ilmu pendidikan, teknik, ilmu sosial dan ilmu politik, agama islam dan pertanian dengan dengan 25 program studi strata satu (S1) dan 1 program diploma (D3).
Program studi tersebut antara lain, pendidikan dokter, program studi komunikasi dan penyiaran islam, pendidikan agama islam, pendidikan guru raudhatul athfal, perbankan syariah, bisnis dan manajemen syariah, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pendidikan akuntansi, bimbingan dan konseling.
Selanjutnya, agroekoteknologi, agribisnis, ilmu dan teknologi pangan, manajemen, akuntansi, ekonomi pembangunan, ilmu hukum, teknik sipil, elektro, mesin dan program D3 manajemen perpajakan. Khusus untuk kelas malam biaya SPP ditambah Rp 200 ribu untuk semua program studi yang ada di UMSU.
“Sejak tiga tahun terakhir ini, UMSU tidak membebankan kenaikan biaya SPP bagi calon mahasiswa baru dan tidak memberikan diskon bagi mahasiswa yang lulus dan diterima,” tegasnya.
Kebijakan itu diambil berdasarkan berbagai pertimbangan, salah satunya rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat ini, sehingga akan memberatkan bagi calon mahasiswa baru.
Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Muhyarsyah MM menambahkan, materi tes masuk bagi ketiga gelombang di UMSU meliputi, materi tes potensi akademik (TPA) seperti kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika dan penalaran dan kemampuan spesial untuk fakultas non kedokteran dan tes masuk dilakukan di kampus utama Jl Kapten Muktar Basri Medan.
Khusus untuk calon mahasiswa FK, selain materi tersebuat diatas akan ditambah dengan materi ujian tulis terdiri dari psikotes, membaca Al Quran, wawancara serta tes kesehatan. Untuk calon mahasiswa FK ini semua tes dilakukan di kampus I UMSU Jl Gedung Arca Medan. Daya tampung tahun ini diperkirakan berjumlah 5.000-an mahasiswa baru.(aje)