Sumut Raih 2 Perak Dan 2 Perunggu OSN

MEDAN (Berita): Tim Sumatera Utara hanya mampu membawa pulang dua perak dan dua perunggu dalam kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SMP yang digelar di Batam 15-21 Mei. Peraihan lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mampu meraih dua perak.
Untuk medali perak diraih Bella Godiva (SMP Sutomo 1 Medan) dalam bidang Fisika, dan Junita Solin (SMP St Paulus Sidikalang). Sedangkan medali Perunggu diraih Edwin Winata Hartanto (SMP Sutomo 1 Medan) dalam bidang matematika dan Adinata (SMP Methodist 3) dalam bidang fisika.
Dengan raihan itu Sumut menduduki peringkat delapan. Sedangkan juara umum diraih Jawa Tengah yang mengumpulkan lima medali emas, 13 perak dan 13 perunggu, diikuti DKI Jakarta yang mengumpulkan 5 emas, 7 perak, dan 11 perunggu di posisi dua, dan Jawa Timur mengumpulkan tiga emas,7 perak dan 11 perunggu.
Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Sumut Yusri mengaku, bangga dengan hasil yang sudah dicapai para siswa dalam ajang OSN di Batam tersebut. Meskipun pada kompetisi ini belum membawa pulang. "Target kita memang emas, namun ternyata kita baru bisa dapat perak. Namun ini harus kita syukuri karena anak-anak sudah berjuang keras untuk mendapatkan hasil ini," ucap Yusri.
Yusri mengakui, persaingan dalam kompetisi sains saat ini semakin ketat. Sebab, semakin banyak sekolah yang mulai berpartisipasi untuk ikut ajang ini. Terlebih lagi sekolah-sekolah yang berada di pulau jawa. "Kita akui pesaing terberat kita selama ini peserta dari jawa tengah, karena tahun sebelumnya juga mereka juara umum," katanya.
Namun begitu, kata Yusri, kesempatan siswa Sumut masih terbuka lebar di tahun mendatang. Bisa jadi untuk OSN SMP tidak mampu meraih prestasi tertinggi, namun tidak dengan SMA atau SD. "Masih ada dua lagi OSN yang belum terlaksana yakni SMA dan SD. Kita masih punya kesempatan mengukir prestasi disini. Apalagi untuk SMA kita jarang pulang tanpa emas," jelasnya.
Selain itu, Yusri juga menghimbau Dinas Kabupaten/Kota untuk mendorong sekolah agar mampu menyiapkan siswanya untuk mampu berkompetisi di bidang sains. Sehingga dominasi tidak hanya terjadi di sekolah tertentu saja. “Semua sekolah punya peluang, asalkan serius menyiapkan siswanya sejak dini,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Seksi SD Disdik Sumut Muhammad Najib menyebutkan, pihaknya sudah mendapatkan tiga siswa yang akan mewakili Sumut dalam Olimpiade Sains Nasional di Bandung pertengah Juni mendatang.
Ketiganya yaitu Tracy Charles dan William Arifin dari SD Sutomo Medan dan Calista Suci N asal SDN 020259 Kota Binjai. Ketiganya akan mengikuti olimpiade mata lomba matematika. “Sesuai hasil yang dikirimkan TIM OSN SD Pusat, nama ketiga inilah yang akan menjadi perwakilan Sumut untuk OSN di Bandung yang rencananya diselenggarakan pertengahan Juni,” ucapnya.
Menurut Najib, sama halnya dengan OSN SMP dan SMA, dominasi SD Swasta masih terjadi. Namun, ada kejutan tahun ini dengan masuknya perwakilan dari sekolah negeri yakni SDN 020259 Kota Binjai. “Sekarang sedang dalam proses pembimbingan di sekolah masing-masing, kita berharap OSN nanti bisa berprestasi,” kata Najib.(aje)