Dirjen Dukcapil Kemendagri Kunjungi Sunggal

*E KTP Boleh Difotocopy

MEDAN (Berita): Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ir Irman mengunjungi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dalam rangka melihat percepatan perekaman E-KTP Rabu (22/5).
Hadiri pada kesempatan itu Wakil Bupati H. Zainuddin Mars, Kominfo Neken Ketaren, Kadis Dukcapil MA. Yusuf Siregar, dan Ramil Kanit Bimas, Camat Sunggal, Camat se Kabupaten Deli Serdang, serta para Kepala Desa.
Dalam kunjungan kerja itu sekaligus dilakukan sosialisasi serta pengarahan tentang tata cara percepatan perekaman E-KTP, mengingat batas akhir perekaman E-KTP Juli 2013. Untuk mengejar kekurangan perekaman, Dirjen mengharapkan kepada para camat dan kepala desa untuk saling berkoordinasi dengan sistem jemput bola agar target perekaman dapat tercapai di akhir Juli 2013.Pada kesempatan itu Irman mengatakan tidak masalah jika e-KTP di fotocopy.
"e-KTP ini berlaku secara nasional dan akan berlaku untuk seumur hidup, sehingga dalam penggunaannya harus dijaga dengan baik dan juga tidak masalah jika fotocopy," katanya.
Ia juga menyampaikan rasa optimisme bahwa pelaksanaan perekaman e-KTP di Kabupaten Deli Serdang akan selesai bulan Juli, sehingga diakhir tahun 2013 e-KTP itu akan tersalurkan kepada semua masyarakat Deli Serdang.
Ia juga mengatakan bahwa kelebihan mendasar dari e-KTP adalah di dalamnya dilengkapi chip yang memuat biodata, pas photo, tanda tangan dan sidik jari penduduk, sehingga tidak mungkin dapat dipalsukan atau digandakan. "Chip yang tersimpan didalam e-KTP hanya bisa dibaca dengan card reader (alat pembaca chip)," katanya.
Dalam kunjungan tersebut Dirjen beserta Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars melakukan pertemuan dengan para camat, kepala desa dan masyarakat serta juga meninjau langsung pelaksanaan perekaman e-KTP di Kantor Camat Sunggal dan SMA Negeri 1 Sunggal.
Irman juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Deli Serdang yang secara intens mensosialisasikan e-KTP, sehingga sampai saat ini sudah lebih dari 80 persen masyarakat di daerah itu telah melakukan perekaman e-KTP. "Ini bukti bahwa masyarakat Deli Serdang memiliki rasa kepedulian, komitmen dan kebersamaan untuk mendukung program nasional yaitu e-KTP," katanya.(ml)