USU Siapkan 2.406 Kursi Jalur SMBPTN

MEDAN (Berita): Melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Sumatera Utara (USU) menyediakan 2.406 kursi bagi mahasiswa baru tahun Akademik 2013-2014. Pendaftaran sudah dimulai Senin (13/5), dan hingga pukul 12:00 WIB sudah 12 orang yang mendaftar.
Ketua Panitia Lokal (Panlok) USU Medan Prof Zulkifli Nasution, PhD kepada sejumlah wartawan, Senin (13/5) di USU menyebutkan pendaftaran online mulai 13 Mei hingga 7 Juni 2013. Sedangkan, jadwal ujian tertulis berlangsung Selasa dan Rabu 18 -19 Juni 2013. Pengumuman hasil seleksi pada 12 Juli 2013.
Didampingi, Sekretaris Ir Saipul Bahri Daulay, MSi, Koordinator Humas Bisru Hafi, S.Sos MSi dan Koordinator Bidang TIK Ihsan Siregar ST MEng, Prof Zulkifli Nasution mengatakan proses SBMPTN) 2013, bisa diakses melalui, ujian www.sbmptn.or.id.

Prof Zulkifli mengatakan penerimaan mahasiswa baru ke USU melalui tiga jalur ini masing masing berdasarkan persentasi yang sudah ditentukan yaitu 50 persen lewat SNMPTN atau sejumlah 3.936 mahasiswa, SBMPTN 10 Persen atau sejumlah 2.406 Mahasiswa dan 40 Persen dari jalur mandiri atau sejumlah 1.544 mahasiswa. “Penerimaan mahasiswa baru secara nasional melalui tiga jalur tersebut yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia,” katanya.
Dia mengatakan tahun ini tidak ada lagi jalur undangan. Melalui SNMPTN, seluruh siswa baik pintar maupun tidak yang didaftarkan secara online oleh pihak sekolah ke pusat akan diseleksi. “Jadi total dari tiga jalur itu, rencana tahun ini USU menerima mahasiswa sebanyak 7.884 orang” terangnya lagi.
Dia mengatakan SNMPTN sedang berlangsung dan akan di umumkan 28 Mei 2013 mendatang. Sementara jalur SBMPTN akan dibuka pendaftaran secara online 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. sedangkan Penerimaan lewat jalur Mandiri akan di buka 10 Juni 2013.
Calon siswa yang tidak lulus SNPTN Boleh Daftar Kembali melalui SBMPTN Informasi yang mengenai SBMPTN, bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi /@wifi.id ) di Plasa Telkom.
Juga pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri.
Channel tersebut melalui mandiri Internet, mandiri ATM, mandiri SMS, Cabang Bank Mandiri, Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri).
Begitu juga, calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan tidak lulus, boleh mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP dan PIN SBMPTN yang diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan lulus, jugadi perbolehkan mendaftar SBMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mengenai persyaratan pendaftaran untuk mengikuti SBMPTN 2013 ini adalah Lulusan dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011, 2012, dan 2013. Terkait dengan Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan dalam seleksi ini, mengingat Program Studi yang ada di PTN (Perguruan Tinggi negeri) dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum .
Maka bagi peserta pendaftar dapat memilih program studi yangsesuai dengan kelompok ujian yang diikutinya yaitu, Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum dan Kelompok Campuran . Masing-masing kelompok ujian tersebut dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi, dengan ketentuan urutan dalam pemilihan program studi merupakan prioritas pilihan.
Pada kesempatan itu Prof Zulkifli juga mengatakan pendaftaran seleksi untuk jalur UMB/Mandiri mulai 10 Juni - 12 Juli, Ujian Tulis 14 Juli, dan pengumuman 21 Juli . Seleksi terakhir adalah SPMPD atau Seleksi untuk Program Diploma/D-3, pendaftaran 22 Juli s/d 13 Agustus, ujian tulis 15 Agustus, dan pengumuman 22 Agustus 2013, daya tampung 2.265.(aje)