Chevrolet Spin Paling Laris Di Medan

MEDAN (Berita): Meski harga bahan bakar minyak (BBM) akan naik, namun penjualan mobil bukannya mengalami penurunan melainkan justru bakal naik seiring dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi yang juga beranjak ke posisi 6,5 persen.
Hal itu diungkapkan Branch Manager PT Mega Auto (Chevrolet Medan) Apri Sianturi kepada wartawan di sela peluncuran kendaraan jenis Low MPV Chevrolet Spin sekaligus test drive mobil keluaran tahun 2013 tersebut di Medan kemarin.
Pada peluncuran tersebut hadir Maria Sidabutar, Public Relation Director PT General Motor Indonesia (GMI) dan Operation Manager Setiawan serta jajaran direksi PT Mega Auto lainnya. Secara nasional peluncuran Spin pada 25 April 2013 dan Sumut pada Mei 2013.
Apri mensinyalir kenaikan harga BBM diperkirakan tidak terlalu berpengaruh pada penjualan mobil mengingat mobil merupakan alat transportasi masyarakat sehingga kebutuhannya sangat penting.
Hal ini terlihat dari angka penjualan produk otomotif secara nasional yang terus meningkat, khususnya mobil penumpang tahun 2010 sebanyak 720.000 unit, diantaranya 430 unit merupakan jenis MPV.
Tahun 2012 naik jadi 1 juta unit dan tahun 2013 lebih dari 1 juta unit. Untuk produk Chevrolet sendiri menurutnya, tahun 2013 ditarget penjualan mencapai 1.700 unit, terlebih setelah ada Spin. Sebab sebelum ada Spin, target hanya sekira 400 unit saja. "Paling laris Spin, terlebih di Medan," katanya.
Sebab harga mobil Spin tersebut sangat variatif dan terjangkau mulai Rp149.900.000 hingga Rp203.900.000. Saat ini saja untuk Medan sudah ada pesanan 300 unit yang masih menunggu dalam beberapa bulan ini.
Kelebihan dari Spin ini antara lain desainnya global, teknologi mutakhir matik tiptronic dengan mesin cfommonrail diesel dan transmisi otomatis 6 speed, style-gaya fresh, kenyamanan berkendara disertai ruang dan fleksibilitas. Oleh karena itu, Spin akan menyasar ke segmen B MPV (low MPV) yakni segmen terbesar di tanah air yang pasarnya terus membesar.
Maria Sidabutar, Public Relation Director PT General Motor Indonesia (GMI) menambahkan GMI optimis dengan kehadiran produk terbaru mereka yakni Spin yang terlihat dari tingginya permintaan kondumen di mana sejauh ini sejak diperkenalkan April 2013 sudah lebih 3.000 pemesan secara nasional. "Ini membuktikan produk Spin diterima dengan banyaknya pemesanan," katanya.
Menurut Maria, potensi pasar di Medan juga cukup besar seiiring tingginya pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera dengan sektor industri yang terus berkembang termasuk industri otomotif. "Chevrolet ingin berkontribusi dalam industri otomotif di daerah ini dengan menghadirkan Spin sebagai kendaraan MPV," katanya.
Ia menyebut ada tujuh varian Spin yang diluncurkan sekaligus yang juga bisa diartikan bahwa Chevrolet senantiasa menawarkan produknya dengan sepenuh hati dan tidak coba-coba.
Spin, tambahnya bisa menjadi tulang punggung GMI bersama tipe lainnya seperti Captiva, Aveo, Colorado, Orlando, Spart dan Trailblazer. Namun khusus Spin, selain memiliki desain, juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang menjadikan kendaraan ini berbeda dengan pesaingnya antara lain bluetooth connectioon head unit, AC double blower dengan tambahan evopator di baris ketiga, pilihan transmisi 6 speed dengan teknologi tiptronic."Semua fitur itu merupakan pertama di kelasnya dan tidak dimiliki MPV lain di kelas yang sama," jelas Maria. (wie)