Undhar Ikuti Himapikani se-Wilayah Sumatera

MEDAN (Berita): Rektor Universitas Dharmawangsa Kusbianto SH MHum melepas sebanyak 5 mahasiswa Fakultas Perikanan untuk mengikuti pertemuan dan bimbingan Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (Himapikani) se wilayah Sumatera yang berlangsung 29 April sampai 2 Mei di Universitas Malikul Saleh, Lhoksemawe Provinsi Aceh.
Kusbianto kepada wartawan diruang kerjanya, kemarin mengatakan, pertemuan koorwil Sumatera yang diikuti 7 PTN dan PTS diantaranya, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Universitas Riau (Unri), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Universitas Muhammadiyah (UMP) Palembang, Undhar dan Universitas Malkul Saleh selaku tuan rumah.
Pada pertemuan tahunan itu juga dilakukan seminar Himapikani dan bakti sosial seperti penanaman pohon mangrove di kawasan pinggiran pantai dan penyuluhan bimbingan kepada nelayan.
Pertemuan ini bertujuan untuk proses pengembangan keilmuan yang diperoleh selama perkuliahan untuk selanjutnya diterapkan kepada masyarakat khususnya untuk pengembangan perikanan masa depan, dimana sektor perikanan sekarang ini sedang digalakkan dan dikembangkan pemerintah.
Bagi universitas tambah rektor, khusus di Undhar yang satu-satunya memiliki fakultas perikanan di Sumatera Utara, serius untuk menjadikan fakultas ini kedepannya menghasilkan lulusan mahasiswa yang lebih berkualitas sesuai kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholder).
Apalagi ucapnya, Fakultas Perikanan Undhar yang telah memiliki akreditasi B dari BAN-PT, setiap tahunnya jumlah mahasiswa baru meningkat. Kondisi ini disebabkan oleh kebutuhan di kawasan Pantai Barat di Sumut yang memiliki peluang yang sangat besar bagi lulusan perikanan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara langsung.
Dalam pertemuan tersebut, Undhar direncanakan akan menjadi tuan rumah pertemuan Himapikani tahun 2014 mendatang. “Kita menyambut baik dan mendukung kegiatan pertemuan perikanan tersebut,”ujarnya.
Field Study
Pada kesempatan itu pula, Rektor Kusbianto mengatakan akan melepas mahasiswa program diploma tiga (D3) manajemen informatika dan akuntasi untuk melakukan studi lapangan (field study) di Pemkab Dairi yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 5 sampai 6 Mei 2013.
Rombongan mahasiswa berjumlah 100 orang dan 10 dosen pembimbing dibawah kepemimpinan Direktur Program Diploma Drs Budiman Purba MAP akan disambut Bupati Dairi dan dilanjutkan dengan wisata iman.
Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa menerapkan pengetahuannya di instansi pemerintah tersebut, seperti menerapkan ilmu manajemen informatika dan akuntansi yang dibutuhkan di Dairi. Disamping itu juga, kunjungan ini dimaksudkan untuk sosialisasi mahasiswa kepada masyarakat setempat.(aje)