MAN 1 Medan Gelar Perpisahan dan Pelepasan Lulusan

MEDAN (Berita): Usai mengikuti Ujian Nasional beberapa waktu, siswa-siswi kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Medan menggelar acara perpisahan di Auditorium kampus Unimed Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Rabu [1/5].
Acara dihadiri seluruh orang tua siswa itu dirangkai dengan pelepasan 340 orang siswa-siswi kelas XII oleh Kepala MAN 1 Medan DR H Burhanuddin Harahap M.Pd.
Dalam sambutannya Burhanuddin mengatakan perpisahan ini merupakan langkah awal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. "Bukan berarti setelah tamat dari MAN ini siswa juga berhenti menimba ilmu pengetahuan," kata Burhanuddin yang meraih gelar doktor di Universitas Negeri Jakarta 19 Maret lalu.
Menurutnya ilmu pengetahuan berguna dimana pun berada dan bermanfaat untuk bekal di masa depan. Dia berharap lulusan MAN 1 Medan dapat mengaplikasikan ilmunya dan berdaya guna bagi keluarga, masyarakat dan negara. "Sesuai dengan tema acara perpisahan ini yakni jadilah penebar kebaikan dan pewaris kebajikan. Menanam kejujuran, menuai kemakmuran, maka saya harap lulusan sekolah ini mampu manusia yang berguna," ujarnya. Di penghujung sambutannya, Burhanuddin meminta para lulusan MAN 1 Medan tetap menjaga citra sekolah sebagai almamater.
Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs H Abdul Rahim M.Hum diwakili Halimatussakdiah dalam sambutannya juga menyatakan lulusnya siswa dari tingkat sekolah menengah atas ini merupakan langkah awal meniti pendidikan selanjutnya, ke jenjang S1, S2 maupun hingga ke S3. "Jangan pernah jenuh menimba ilmu pengetahuan, karena hidup di dunia dan akhirat butuh ilmu," ujarnya.
Acara perpisahan sekaligus pelepasan siswa-siswi kelas XII MAN 1 Medan itu ditandai dengan penyematan selempang tanda kelulusan. Prosesi pelepasan dilakukan seperti upacara wisuda diakhiri dengan ramah tamah dan bersalaman antara siswa dengan para guru. Acara juga diisi dengan penampilan marching band dan tari dari Paspramsat MAN 1 Medan. Para guru juga turut berbaur dengan siswa pengisi acara hiburan menari Tor-Tor. Wakil Kepala Bidang Kurikulum Maisaroh S.Pd MSi menyebutkan, tahun ini MAN 1 Medan melepas 340 siswanya terdiri 233 siswa Jurusan IPA, 79 Jurusan IPS dan 28 siswa Jurusan Agama. Turut memberikan kata sambutan mewakili guru MAN 1 Medan Dra Yemmestri Enita, Komite MAN 1 Medan sekaligus mewakili orang tua Dr HM Yusuf Harahap MSi, ketua OSIS, dan mewakili siswa kelas XII.(aje)