Parpol dan DPD Antri di KPU Sumut dan Medan

MEDAN (Berita): Suasana antri sejumlah partai politik yang ingin mendaftarkan calon legislatifnya menjadi pemandangan baru di kantor Komisi Pemilihan Umum Sumut dan Medan. Hal ini berkaitan dengan jadwal pendaftaran calon yang berakhir, Senin [22/4]
Pantauan di Kantor KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan, partai Nasdem harus menunggu terlebih dahulu di lantai 1 sebab pada saat yang bersamaan, KPU Sumut sedang menerima pendaftaran Rudolf Pardede yang maju menjadi calon DPD dari Sumut serta pendaftaran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Pendaftaran calon legislatif untuk pemilu 2014 telah berlangsung mulai 9-22 April. Namun hingga kemarin, masih 3 partai dari 12 partai yang mendaftarkan calonnya, seperti PKS, Golkar dan PAN. Petugas penerimaan pendaftaran calon DPRD dan DPD di KPU Sumut semakin sibuk jelang detik akhir batas pendaftaran. Mereka nyaris tak punya waktu beristirahat, melayani pendaftaran calon anggota DPRD dari partai-partai politik dan pendaftaran menjadi calon DPD dari perorangan.
Beberapa kali, petugas KPU bahkan meminta agar anggota DPD yang telah hadir agar mengisi daftar tamu sebelum ditutupnya jam pendaftaran pukul 16.00 WIB Senin [22/4] sore. Sejumlah partai yang mendaftar hari terakhir di KPU Sumut dan Medan antara lain PBB, Nasdem, PPP, PDI-P, Hanura, PKPI. Sedangkan Golkar mendaftar di KPU Medan Jalan Kejaksaan Medan, dipimpin Ketua Golkar Medan Syaf Lubis, sementara Golkar Sumut, mendaftar pada Minggu [21/4].
Demikian pula halnya dengan pendaftaran Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Selain Rudolf M Pardede yang kembali mencalonkan diri. Ketua Markas Daerah Forum Bersama Laskar Merah Putih (FB-LMP) Provinsi Sumatera Utara Darwin Hamonangan Lubis SH, turut berpartisipasi mendaftar sebagai anggota DPD.
Menurutnya, keikutsertaannya mendaftar sebagai calon DPD RI asal Sumut karena masih banyak lagi yang perlu diperjuangkan untuk mendorong keinginan pemerintah pusat guna mendukung berbagai program pembangunan di Sumut. “Jika mendapatkan kepercayaan masyarakat sebagai anggota DPD asal Sumut, saya menetapkan beberapa target prioritas yang akan diperjuangkan, antara lain tentang dana bagi hasil perkebunan dan masalah tanah yang selama ini rakyat lebih banyak dirugikan oleh pemerintah maupun developer serta infrastruktur di Sumut yang sangat jelek," paparnya.
Sementara itu Surya Perdana, komisioner KPU Sumatera Utara, mengatakan sejak dibukanya pendaftaran calon legislatif dan DPD, maka seluruh partai politik peserta Pemilu 2014 telah mendaftarkan calon legislatifnya. Sedangkan untuk calon Anggota DPD RI, sebanyak 29 orang telah mendaftarkan diri ke KPU Sumatra Utara.
Usai pendaftaran ini, ungkap Surya, selanjutnya KPU Sumut akan melakukan tahapan verifikasi administrasi terhadap kelengkapan calon mulai Selasa [23/4 - 2/5]. Kemudian pada 5-14 Mei 2013 dilakukan perbaikan terhadap kelengkapan berkas calon. Pada 22-23 Mei 2013 pemberitahuan hasil verifikasi administrasi dan 24 Mei-6 Juni dilakukan verifikasi faktual persyaratan dukungan.
Lamanya proses verifikasi terhadap calon Anggota DPD ini, jelas Surya, karena harus dicek langsung ke daerah terhadap syarat dukungan para calon. Berikut ini nama-nama calon Anggota DPD RI yang mendaftar ke KPU Sumatra Utara, antara lain Darwin Hamonangan Lubis SH. Damayanti Lubis, Erick Sitompul, Dedi Iskandar, Rijal Sirait, Turunan Gulo, Parlindungan Purba, Benny Pasaribu, Syariful Mahya Bandar, EB Sinaga, Muhammad Nuh, dan Eka Dharmayanto.
Rudolf M Pardede, Nagasakti Perangin-angin, Ibrahim Sakti Batubara, Badikerita Boru Sitepu, Manandus Sitanggang, Eddy GP Manurung, Binrot Rajagukguk, Saroziduhu Zebua, Haris, Darwin Hamonangan Lubis, Syamsul Anwar Harahap, Rahmad Hidayat, Togu Harlen Lumbanraja, Ganda Satria Dharma, dan Edison Sianturi.(aje)