Empat Partai Daftarkan Caleg DPR Aceh

Banda Aceh ( Berita ) : Empat partai politik nasional dan lokal mendaftarkan calon anggota legislatif DPR Aceh untuk mengikuti Pemilu 2014 ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) di Banda Aceh, Senin [22/04].
Tiga partai nasional yang mendaftarkan caleg DPR Aceh yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Bulan Bintang (PBB), sedangkan partai lokal yang mendaftarkan calegnya yakni Partai Aceh.
Ketua Kelompok Kerja Pencalonan Legislatif DPRA KIP Aceh Yarwin Adi Darma mengatakan, empat partai politik peserta pemilu itu mendaftarkan jumlah calonnya bervariasi, ada 100 persen, ada juga 120 persen dari jumlah kursi DPR Aceh. "Kursi DPR Aceh pada Pemilu 2014 mencapai 81 kursi, meningkat 12 kursi dari 69 kursi pada Pemilu 2009," kata Yarwin.
Dalam pendaftaran tersebut, kata dia, Partai Golkar mendaftarkan 93 calon atau 120 persen dari jumlah kursi DPR Aceh yang diperebutkan. Begitu juga dengan Partai Aceh, mendaftarkan 93 calon atau 120 persen. Sedangkan Gerindra dan PBB mencalonkan 81 orang atau 100 persen.
Ia mengatakan, pencalonan 120 persen tersebut diatur dalam Qanun Nomor 3 Tahun 2008 tentang partai politik lokal peserta pemilu DPR Aceh dan DPRK di Aceh. Sedangkan yang 100 persen berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2007 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.
"Aturan soal jumlah calon yang didaftarkan masih dualisme. Jadi, kami tetap menampung pendaftaran caleg, baik 120 persen maupun 100 persen. Masalah ini sudah kami sampaikan ke KPU secara tertulis," katanya.
Yarwin mengatakan, jika KPU tidak mengakomodir 120 persen, maka daftar calon legislatif akan diperbaiki pada masa perbaikan nanti. Artinya, partai diminta memperbaiki daftar calon menjadi 100 persen.
"Masalah ini sudah diplenokan di KPU Pusat. Namun, hingga kini KPU Pusat belum mengeluarkan keputusan tertulis terkait persentase caleg yang didaftarkan," katanya.
Dengan mendaftarnya empat partai peserta pemilu tersebut, maka sudah ada sembilan partai yang mendaftarkan calegnya. Sebelumnya, PKS, Partai Demokrat, PAN, PDI Perjuangan, dan Partai Hanura mendaftarkan caleg DPR Aceh. (ant )