Sosialisasi Pencanangan Sensus Pertanian (ST2013)

Sekdakab L.Batu : Data yang Valid sangat diperlukan Dalam Membangun Sektor Pertanian
Rantauprapat (Berita): Data yang Valid untuk sangat diperlukan membangun sektor Pertanian baik oleh kalangan pelaku Usaha, pemerintah, Akademis maupun media massa, dan data yang tidak mewakili kondisi sebenarnya akan memicu pengambilan kebijakan yang tidak tepat sehingga tujuan meningkatkan kesejahteraan petani jauh dari harapan.
Hal tersebut disampaikan Plt Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap SH saat membuka sosialisasi dan pencanangan sensus pertanian tahun 2013 di Aula Kantor Bappeda Labuhanbatu, Rabu (10/4).

Ali Usman menambahkan meskipun secara teknis penyelenggaraan Sensus Pertanian menjadi tanggung jawab BPS, namun keberhasilannya sangat ditentukan oleh partisipasi aktif kita semua baik pemerintah maupun masyarakat indonesia umumnya dan Labuhanbatu khususnya, sehingga tujuan umum ST 2013, yakni mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap, akurat, dan relevan sehingga gambaran jelas struktur pertanian dapat terwujud.

Ali Usman juga mengatakan, realita data yang ada selalu mengalami perubahan yang dinamis dari setiap tahun. Sekecil apapun grafiknya perlu dipelajari dan dianalisa sampai sejauh mana dampaknya terhadap kelangsungan pembangunan daerah dan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dari itu, ketersediaan data yang akurat dan terpercaya diperoleh pada sensus pertanian 2013, akan digunakan sebagai bahan perencanaan, penetapan regulasi atau kebijakan serta implementasinya dan sebagai bahan evaluasi untuk program pembangunan dibidang pertanian.tegas Sekdakab.

“Untuk suskses nya sensus pertanian 2013, saya minta kepada Camat dan Lurah untuk bersama-sama membantu dan mendukung menyukseskan ST 2013 yang dimulai pada tanggal 1 -31 Mendatang, dengan membangun kerjasama dengan petugas sensus, kelompok tani dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian,” pinta Sekdakab.

Sebelumnya Kepala Badan Pusat Statistik Labuhanbatu Sunanto SE Selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, dengan peserta diikuti oleh para SKPD dilingkungan Pemkab L.Batu, para Camat, Kabag/Kabid, KCD Pertanian se-Kab.Lab.Batu dan Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia.

Sedangkan tujuannya untuk memberikan informasi kepada stakeholder tentang pelaksanaan sensus pertanian, dalam memperoleh data dan informasi pertanian, menjelaskan manfaat sensus pertanian sebagai alat pengambil keputusan bagi pemerintah pusat dan daerah, juga pihak swasta dan masyarakat.Sebagai Narasumber Ateng Hartono SE M.Si Kabid Pengawasan dari BPS Propinsi Sumatera Utara dengan materi Peran Sensus Pertanian 2013 (ST2013) Dalam Mendukung Pembangunan Kabupaten Labuhanbatu.(dpg)