Azhar Maksum Dekan FE USU

MEDAN (Berita): Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera (USU) akhirnya memiliki dekan baru setelah empat bulan jabatan tersebut hanya diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Prof Dr. Azhar Maksum Mec akan melanjutkan posisi yang kosong akibat Dekan Fakultas Ekonomi sebelumnya almarhum John Tafbu Ritonga meninggal dunia November 2012 tahun lalu.
“Saya sifatnya hanya paruh waktu, dan akan melajutkan program-program dekan yang sebelumnya,” katanya kepada wartawan usai pelantikan di gedung Biro Rektor USU, Kamis [11/4].
Manurut Azhar sistem yang ada saat ini di Fakultas Ekonomi sedikit tidak beraturan, tepatnya sejak ditinggal oleh dekan lama. “Jika program itu benar akan kita lanjutkan, dan jika menyimpang akan diluruskan,” ujarnya.
Dirinya berharap seluruh pihak yang ada di fakultas ekonomi, baik itu pembantu dekan, pegawai serta para dosen dapat menyambut dirinya dengan kerja keras. Karena saat ini menurutnya fakultas ekonomi sudah sedikit tertinggal dari fakultas lain.
” Kita harus berbenah cepat,“ ungkapnya.
Sebelumnya Azhar menjabat sebagai tenaga dosen di beberapa perguruan tinggi swasta, karena tuntutan dari atasan jika menjabat fungsional maka harus meninggalkan pekerjaan di luar USU.
”Saat ini saya hanya fokus untuk mengembangkan fakultas ekonomi, dan saat ini belum diperlukan untuk mengganti para pembantu dekan. Karena mereka sudah bekerja dengan baik,“ akunya.
Rektor USU Prof Dr dr Syahril Pasaribu DTM&H MSc (CTM) Sp.A(K) dalam sambutannya pada acara tersebut menyampaikan semua kalangan berkewajiban untuk memajukan Universitas Sumatera Utara, terutama dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat diandalkan.
Untuk itu semua diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik, sehingga akan terwujud suasana yang kondusif yang bermuara pada keharmonisan sehingga akan berdampak terhadap kemajuan USU di masa mendatang.
Rektor juga mengingatkan proses pergantian pimpinan bukan persoalan yang luar biasa tapi adalah persoalan yang biasa terjadi. Sebagaimana kehidupan manusia yang datang secara silih berganti.
Dengan demikian pergantian pimpinan yang terjadi saat ini bukanlah persoalan pertarungan antara yang menang atau kalah, tapi merupakaan saat atau waktu yang singkat untuk menerima dan menjalankan amanah yang kelak akan dipertanggung jawabkan.
“Baik tanggung jawab secara moral, pribadi atau institusi maupun nantinya tanggung jawab dihadapan Tuhan, Yang Maha Mengetahui,” kata Rektor.
Sebagai pimpinan Universitas Sumatera Utara, Rektor berharap agar rasa saling hormat-menghormati dan sayang-menyayangi dapat tertanam dalam diri semua. Kepada para Dekan yang baru, kami sangat mengharapkan saudara mau berkorban untuk kemajuan Universitas Sumatera Utara.
Selain melantik Dekan Fakultas Ekonomi, Rektor USU Prof Dr Syahril Pasaribu juga melantik Prof. Dr Erman Munir Msc sebagai Direktur Pasca Sarjana dan Prof. Dwi Suryanto Msc sebagai Wakil Direktur I.(aje)