Sharp Capai Produksi TV 15 Juta Unit

MEDAN (Berita): PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) kembali menorehkan sejarah di industri elektronik di Indonesia karena pada Pebruari 2013 berhasil memproduksi 15 Juta unit televisi, sekaligus ini merupakan prestasi luar biasa yang dapat dicapai oleh sebuah perusahaan elektronik di Indonesia.
“Kami sangat bangga dengan pencapaian ini, hal tersebut membuktikan jika produk televisi kami dapat diterima dengan baik, hingga kami dapat terus memproduksi produk televisi dan mencapai angka 15 Juta unit”, ungkap Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Fumihiro Irie.
Siaran pers PT SEID yang diterim Berita Jum'at (5/4) menyebutkan awal usaha Sharp di pangsa perdagangan elektronik pada tahun 1969 dengan mengimpor televisi hitam putih Sharp dari Sharp Singapura. Kala itu PT Sharp Electronics Indonesia masih bernama PT Yasonta menjadi perusahaan pertama yang membawa masuk dan memperkenalkan televisi hitam putih ke Indonesia.
Seiring dengan meningkatnya permintaan akan produk televisi Sharp di Indonesia, Sharp Corporation, Jepang pada tahun 1970 menunjuk PT Yasonta untuk menjadi perwakilan dan perakit tunggal televisi Sharp untuk wilayah Republik Indonesia. Setahun kemudian, pada tanggal 11 Maret 1971 , PT Yasonta mulai memproduksi televisi hitam putih pertama dengan kapasitas produksi sebanyak 1.500 unit perbulan. Ditahap awal ini, PT Yasonta memproduksi televisi hitam putih berukuran 20 inci dengan model ‘Kaki Macan’.
Tahun 1975, PT Yasonta mendirikan pabrik perakitan televisi berwarna pertama di Indonesia dimana pendirian pabrik ini bersamaan diresmikannya stasiun permanen televisi berwarna oleh TVRI. Produksi pertama dilakukan di tahun 1976 dengan memproduksi televisi berwarna dengan jumlah produksi sebesar 500 unit yang hadir dalam 3 ukuran layar 18”, 20” dan 26”.
Produk televisi Sharp terus mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Indonesia, hal ini dibuktikan dengan prestasi Sharp menjadi pemimpin pasar untuk CRT TV di tahun 1999. PT SEID semakin mantap mengokohkan kedudukannya sebagai produsen televisi nomor satu di Indonesia dengan diraihnya beragam penghargaan baik tingkat nasional maupun lokal sebagai produk televisi terbaik seperti Indonesia Best Brand (IBBA), Superbrand dan Top Brand selama 10 tahun berturut–turut.
Produk televisi Sharp pun mampu meraih penghargaan tertinggi yang merupakan hasil survey akan kepuasan pelanggan seperti Indonesia Customer satisfaction Award (ICSA), Solo Best Brand Index ( SBBI ), Jogja Best Brand Index (JBBI), Satria Award, Master Award, dll, tidak hanya itu produk televisi Sharp pun mampu merebut hati para netizen Indonesia dengan meraih penghargaan Indonesia’s Most Favourite Netizen Brand di tahun 2011.
Penghargaan–penghargaan tersebut membuktikan jika produk televisi Sharp telah berhasil menempati Top of Mind konsumen Indonesia. Permintaan produk yang masih cukup besar, SEID optimis dapat terus menguasai pasar CRT TV, saat ini SEID menguasai 50% pangsa pasar untuk total CRT TV di Indonesia.“Kami yakin kami dapat terus meningkatkan produksi dan tetap mejadi market leader di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Herdiana Anita Pisceria selaku Produk Marketing General Manager, PT SEID. (wie/rel)