Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM, kunjungi Masyarakat Nagori Cingkes Kec.Dolok Silou Adakan Kegiatan Pesta Tahun

Simalungun (Berita): Dalam mensyukuri rahmad Tuhan Yang Maha Esa, karena tanaman pertanian milik masyarakat berhasil dengan baik, ribuan masyarakat Nagori Cingkes Kec. Dolok Silou berkumpul bersama di lods nagori itu melaksanakan kegiatan Kerja Tahun Gondang Guro-guro Aron, Minggu, 20/03/2011.
Pesta ini juga dimaksudkan untuk mengharapkan rahmad dari Tuhan Yang Maha Esa agar untuk turun semai di musim tanam berikutnya dapat berhasil. Pelaksanaan kerja tahun masyarakat Cingkes itu di prakarsai oleh Karang Taruna dan dihadiri Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM bersama Plt Sekda Ir Jhon Sabiden Purba MUM dan Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para pejabat dijajaran Pemkab Simalungun, Camat dan Muspika Kecamatan Dolok Silou.

Pangulu Cinngkes Hamid Tarigan saat menyambut kedatangan rombongan Bupati menyampaikan selamat datang di acara Pesta Kerja Tahun masyarakat Cingkes. Selanjutnya Hamid menyampaikan bahwa sudah banyak perubahan di Cingkes sejak 3 tahun terakhir. Menurutnya masyarakat juga telah semakin tinggi tinngkat kesadaran dalam melakukan gotong-royong.

Dikesempatan itu, Hamid juga menyampaikan terima kasih kepada Pemeritah Kabupaten Simalungun yang telah membangun jalan lingkungan di dua titik. Dia berharap tahun 2013 ini ada lagi pembangunan lingkungan tersebut disamping pembangunan jalan-jalan yang lain.

Sementara itu tokoh masyarakat Nagori Cingkes, Cepat Tarigan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini setiap tahunya dilaksanakan oleh masyarakat dalam rangka mensyukuri atas nikmat Tuhan yang telah di berikan, terutama seusai panen dan juga untuk memohon do’a dari-Nya agar tanaman yang akan di laksanakan dapat berhasil dengan baik.

Cepat tarigan juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun atas perhatiannya terhadap masyarakat Cingkes atas pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan di Nagori tersebut. Oleh karenanya dia berharap kepada Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM untuk dapat meminpin Kabupaten Simalungun pada periode selanjutnya.

“Kalau 1 periode kepemimpinan bapak Bupati pelaksanaan pembangunan ini belum tuntas, maka kami berharap agar bapak Bupati maju untuk periode kedua kalinya, sehingga dapat melanjutkan pembangunan di Kabupaten Simalungun”, ujar Cepat Tarigan mengakhiri dan disambut dengan tepuk tangan ribuan masyarakat yang memadati lokasi kerja tahun tersebut.

Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) nagori Cingkes, Jonas Ginting dalam sambutannya menyampaikan dukungan sepenuhnya kepada Bupati Simalungun bila maju kembali sebagai Bupati dalam memimpin Kabupaten Simalungun untuk kedua kalinya. Dia juga senada dengan tokoh masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat dan nagori Cingkes atas pembangunan sarana dan prasarana untuk kepentingan masyarakat.

“Ini sudah yang kelima kalinya bapak Bupati datang ke Cingkes. Ini sangat memberikan kebanggaan dan semangat bagi kami masyarakat cingkas dalam mendukung Bapak Bupati, apalagi dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana untuk kepentingan masyarakat yang diberikan, sehingga kami sudah lepas dari keterisoliran”, tandas Jonas.

Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam bimbingan dan arahannya dihadapan masyarakat menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Cingkes yang mau merawat pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah.

“Saya sangat bangga dengan masyarakat Cingkes yang sangat peduli dan mau merawat dan menjaga pembangunan yang telah dilakukan di nagori ini. Artinya masyarakat disini tidak menyia-nyiakan pembangunan yang ada”, ungkap Bupati sembari menjelaskan beberapa pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun di nagori itu, seperti pengunan bahu jalan yang longsong, pelaksanaan penerbitan akte lahir melalui sidang lapangan, rehab sara pendidikan, puskesmas, jalan lingkungan dan sebagainya.

Namun, Bupati juga memahami keinginan masyarakat Cingkes agar jalan penghubung antara Kecamatan Dolok Silou dengan Kabupaten Karo dapat ditingkatkan sehingga, kecamatan tersebut tidak terisolir. Untuk pembangunan jalan tersebut, pemerintah Kabupaten Simalungun akan mengucurkan dana sebesar Rp. 4 miliyar sehingga melalui jalan ini dapat mempersingkat waktu, antara 20 – 30 menit menuju tanah karo.“Bagi saya pembangunan ditiap kecamatan dan desa, apalagi untuk menghubungkan ke daerah-daerah tetangga menjadi perioritas bagi saya”,katanya.
Menanggapi keinginan masyarakat untuk memimpin Kabupaten Simalungun pada periode selanjutnya, Bupati mengatakan belum terpikir untuk hal itu. “Bagi saya 5 tahun kedepan generasi dari Cingkes banyak masuk ke sekolah-sekolah unggulan seperti STPDN, Akpol, Akmil, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan sekolah unggulan lainnya, sehingga dimasa yang akan datang dari Cingkes akan lahir generasi-generasi yang berkualitas”, harapnya.

Dalam mendukung pendidikan di Kabupaten Simalungun bagi masyarakat yang tidak mampu, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun menyiapkan bantuan bea siswa bagi anak-anak tidak mampu Rp. 100.000,- tiap bulanya dan langsung di transper melalui rekening langsung ke anak tersebut. “Untuk tahun ini (2013) ada 10.000 anak yang akan diberi bantuan beasiswa, tapi benar-tidak mampu”, jelas Bupati.

Dalam kesempatan itu, melihat kondisi Loads Nagori Cingkes yang sangat memprihatinkan serta membutuhkan beberapa sarana pendukung seperti MCK dan sarana pendukung lainnya, Bupati Simalungun secara spontan memberikan bantuan untuk Lods tersebut sebesar Rp. 100 juta. Sementara Kadis Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Simalungun Ir Jan Wanner Saragih Msi memberikan Rp. 10 Juta untuk kegiatan kerja tahun yang diprakarsai oleh Karang Taruna Nagori Cingkes. Sebelumnya, Tokoh Masyarakat bersama Camat dan Pangulu menyematkan Uis (Ulos) Bekabulu kepada Bupati Simalungun. (Sur)