Walikota Langsa Buka Musrembang

Langsa (Berita): Walikota Langsa Usman Abdullah, SE membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kota Langsa Tahun 2014 bertempat di Aula sekretariat Pemko Langsa,hadir pada acara pembukaan tersebut para Muspida, Muspida Plus, para Staff Ahli Walikota, Asisten, SKPK, Kabag, serta Camat dalam wilayah Tugas Kota Langsa,Rabu (14/3).
Dalam sambutannya Usman Abdullah mengatakan bahwa keberadaan musrenbang sangat menentukan dalam rangka mempertajam dan mensinergikan berbagai program pembangunan di tahun anggaran 2014 mendatang. Usman Abdullah juga berharap agar pelaksanaan program di lapangan dapat direalisasikan sesuai dengan usulan program dan kegiatan dimaksud, agar kebutuhan masyarakat dapat diakomodir. “Saya tidak ingin lagi mendengar lain yang dibutuhkan, lain yang direncanakan” jelas usman.
Walikota juga menekankan semua program harus mengikuti rambu-rambu yang telah di tetapkan dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) serta RENSTRA.
Walikota Juga berharap kepada para jajarannya untuk saling berkoordinasi dalam rangka memantapkan Musrembang tersebut demi terwujudnya pembangunan yang lebih baik di Kota Langsa kedepan. “ Terutama Gampong dan Kecamatan harus selalu berkoordinasi” pinta Usman Abdullah.
Sementara itu Kepala Bappeda Kota Langsa Said Mahdum mengatakan Musrembang merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 25 tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Dan UU Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, dimana pemerintah daerah wajib menyusun Rencana Program Jangka Panjang (RPJP), Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) sebagai rencana tahunan.
Lanjutnya, Musrenbang merupakan musyawarah tahunan untuk mematangkan rancangan rencana kerja pemerintah daerah berdasarkan rencana kerja (renja) SKPK hasil forum SKPK dengan cara meninjau keserasian antara renja SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rencana kerja Pemerintah Kota Langsa.(es)