Gecik Serta Perangkat Gampong Se Kota Langsa Belum Terima Honor

Langsa (Berita): Dua bulan penuh yaitu mulai Januari dan Februari 2013 para Keuchik (Kepala Desa) beserta seluruh perangkat gampong dilingkungan Pemerintahan Kota Langsa hingga saat ini belum menerima pembayaran honor mereka.Sementara APBK Kota Langsa tahun 2013 sudah berjalan hampir tiga bulan.
Menurut Ardian,Keuchik Gampong Pondok Kemuning,Kecamatan Langsa Lama yang juga didampinggi wakil tuha peut pada Kamis (14/13) siang diruang kerjanya mengatakan,bukan hanya honor (gaji-red) Keuchik saja yang belum dibayarkan untuk dua bulan terakhir ini,termasuk juga honor para perangkat gampong seperti Tuha Peut,Kaur,Kepala Dusun (Kadus) imum,bilal dan lainnya.
Disampaikannya,beberapa waktu lalu dari Kecamatan meminta para Keuchik dan perangkat gampong lainnya untuk membuka rekening bank yaitu di Bank Aceh,karena honor tersebut akan dikirim langsung ke masing-masing aparatur gampong. “Namun hingga saat ini belum juga ada realisasinya,”ujarnya.
Pada kesempatan itu,dirinya mengharapkan kepada instansi terkait dijajaran Pemko Langsa agar dapat segera merealisasi honor para Keuchik dan perangkatnya. “Memang nilainya tidak seberapa,akan tetapi honor tersebut merupakan pengharapan bagi kami untuk memenuhi kebutuhan hidup,”keluh Ardian.
Sementara itu,Kepala Bidang Anggaran pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Langsa M.Nasir Yakob yang dikonfirmasi terkait persoalan tersebut dengan mengatakan,untuk honor para keuchik sudah diminta rekening bank masing-masing keuchik dan perangkatnya.
Ketika disinggung sekaitan belum adanya realisasi anggaran tahun 2013 yang saat ini dikeluhkan oleh sejumlah SKPD karena belum bisa melaksanakan programnya,sementara pengesahan APBK telah dilakukan pada Desember 2012 lalu,Nasir Yakob menjelaskan,untuk realisasinya anggaran saat ini masih dalam proses pencairan.
“Namun,saya tidak mengetahui secara pasti terhadap dana yang akan dicairkan,karena wewenangnya berada dibidang perbendaharaan,”ungkapnya sembari menegaskan,karena kedepan akan dibentuk Bidang Perbedaharaan sehingga tufoksinya sudah terpisah dari Bidang Anggaran.(es)