Beberapa KPU Kabupaten/Kota Sudah Serahkan Rekapitulasi Suara Pilgubsu

MEDAN (Berita): Beberapa Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota telah menyerahkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgubsu) 2013 dari daerah masing-masing ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, Rabu (13/3).
KPU kab/kota tersebut yakni KPU Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, Kota Tebingtinggi, Serdang Bedagei, Asahan, Labuhanbatu, Kota Sibolga, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan, Kabupaten Karo, Padanglawas, Pakpak Bharat, Batubara, Nias Selatan dan Kabupaten Langkat.
"Masing-masing KPU kabupaten/kota yang telah menyampaikan ke KPU Sumut, umumnya telah dilengkapi formulir beserta kelengkapannya dalam keadaan tersegel. Juga mendapat pengawalan polisi dari masing-masing kabupaten/kota," kata Rajin Sitepu, Komisioner KPU Sumut
Masih kata Rajin, sebelumnya KPU Sumut menargetkan seluruh berkas rekapitulasi perolehan suara Pilgubsu dari seluruh KPU Kabupaten/Kota sudah sampai hari ini. Sebab, besok mereka sudah melakukan persiapan jelang rekapitulasi peroleh suara Pilgubsu 2013, yang akan dilakukan 15 Maret 2013 mendatang.
"Harusnya sudah terkumpul semua, tapi ya nggak masalah, karena rekapitulasi resminya juga masih lusa," ujar Rajin menambahkan. Pengumuman hasil perolehan suara Pilgubsu 2013 akan digelar Jumat [15/3] di Hotel Grand Angkasa Medan. Tidak tertutup kemungkinan KPU Sumut langsung menetapkan pemenang dalam Pilgubsu 2013, jika perolehan suara pasangan calon ada yang melebihi 30 persen suara sah. "Jika perolehan suara salah satu pasangan calon ada yang mencapai 30 persen atau lebih dari total suara sah, maka langsung di-plenokan pemenang dalam Pilgubsu 2013," lanjut Rajin Sitepu.(aje)