Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2013

BATUBARA (Berita): Siaran Pers Humas Nomor : 09/2013 yang dikutip Berita, Selasa (12/2) dari Lapangan Sepak Bola PT Socfindo Perk, Tanah Gambus Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, mengatakan pengusaha harus dan wajib memperhatikan keselamatan kerja yang sesuai disebutkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada program zero accident. Kita harapkan itu jadi perhatian khusus oleh daerah.
Tugas kita selaku Pemerintah Daerah termasuk Dinas Tenaga Kerja di daerah adalah memperhatikan keselamatan kerja, dari sisi apa pun sebab ada persyaratan- persyaratan dari segi keselamatan kerja, misalnya di suatu tempat atau wilayah, lokasi, apa itu pabrik dan sebagainya, apabila mengerjakan sesuatu kesematan kerja diutamakan.
Sebelumnya saat upacara Bupati selaku Inspektur Upacara membacakan dan menyampaikan sambutan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional dan Pernyataan dimulainya Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2013.
Kata Bupati Batubara, Menakertrans menyatakan K3 pada 12 Januari 2013 merupakan tahun keempat bangsa Indonesia berjuang,berperan aktif dan bekerja secara kolektif dalam mendukung cita-cita besar Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015 sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor:Kep.372/Men/XI/2009.Di penghujung tahun 2011 tepatnya tanggal 26 November 2011.
Selain itu saya harapkan juga hendaknya K3 diintegrasikan pada setiap jenjang manajemen perusahaan melalui pendekatan prinsip-prinsip manajemen sehingga dapat mengurangi kecelakaan kerja,menekan tingkat keparahan dan yang selalu kita dambakan bersama yaitu pencapaian kecelakaan nihil. Pada tanggal 16 Oktober 2012 telah diluncurkan program ”Saya Pilih Selamat” sebagai ajakan meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan dan pentingnya berperilaku aman.
Untuk itu kami mengajak seluruh stakeholder dan seluruh masyarakat bergerak dan bertindak menjadikan program ”Saya Pilih Selamat” menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan budaya K3. Ikon tersebut hendaknya kita dengungkan setiap hari agar memotivasi kita dalam berperilaku selamat. (als)