Orang Jawa Ajak Etnis Lain Dukung Chairuman-Fadly

MEDAN (Berita): Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) Nusantara Sumatera Utara (Sumut) mendeklarasikan dukungannya kepada Dr H.Chairuman Harahap, SH, MH dan H.Fadly Nurzal, S.Ag. Forum orang Jawa ini juga mengajak etnis lain dan segenap elemen masyarakat memenangkan pasangan nomor 3 itu.
“Setelah melalui hasil pembahasan yang lebih mendalam, kami menyatakan mendukung dan siap memenangkan pasangan Chairuman-Fadly," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah FKWJ Nusantara Sumut, Djamin Sumitro, usai memimpin Rakerda FKWJ Sumut 2013 di Medan, Minggu (10/2).
Salah satu pertimbangan FKWJ Sumut dukungan ini, karena Chairuman seorang yang sangat nasionalis. Meski ia bukan berasal dari etnis Jawa, tetapi telah sejak lama mendukung tumbuh dan berkembangnya FKWJ sebagai Ormas orang Jawa di Sumut.
Kapasitas Chairuman hingga saat ini masih menjabat sebagai salah seorang unsur pembina di Ormas tersebut. Karena perannya yang besar membina FKWJ, maka keluarga besar FKWJ Sumut, wajar jika merasa bertanggungjawab secara moral ikut berperan nyata memenangkan Chairuman-Fadly melalui Pilkada Sumut pada 7 Maret 2013. “Pak Chairuman sejak awal terbentuknya kepengurusan FKWJ Sumut juga selalu memberi perhatian terhadap perkembangan organisasi ini," tambahnya seraya mengatakan ada pihak tertentu dengan cara kurang santun mengatasnamakan FKWJ Sumut mengeluarkan pernyataan sikap mendukung salah satu pasangan.
Ia menegaskan, FKWJ Sumut sebelum menetapkan dukungan, telah menentukan beberapa kriteria, sebagaimana diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Kriteria itu antara lain harus sehat jasmani rohani, merakyat, bersih dari korupsi, tidak terlibat Narkoba, dan benar-benar memahami cara mengatasi keterpurukan Sumut di sejumlah sektor.
Kriteria lainnya, adalah sosok tokoh yang kelak mampu memberi ruang luas kepada warga untuk berpartisipasi sekaligus melakukan pengawasan pembangunan. Selain itu mampu memberdayakan secara optimal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar memberi kontribusi nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat di daerah ini. (rel/diu)