Pendaftaran SNMPTN Dibuka 985 Sekolah Di Sumut Mengisi PDSS

 

MEDAN (Berita): Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dibuka mulai Jumat, (1/2) melalui www.snmptn.ac.id. Siswa pendaftar adalah siswa SMA/SMK/MA/SMK kelas terakhir yang mengikuti ujian nasional (UN) 2013. Pendaftaran berakhir pada 8 Maret 2013.

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Syahril Pasaribu melalui Ka humas Bisru Hafi menyebutkan, persentase progress pendaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNPMTN 2013 untuk provinsi Sumatera Utara mencapai 154,39 persen atau setara dengan 985 sekolah, yang pada tahun lalu jumlah sekolah sebanyak 638.

“Data tersebut kita terima dari panitia pusat pada Jumat (1/2). Dari 985 sekolah itu, sekolah yang telah mengisi nilai sebanyak 699 sekolah,” kata Bisru. Disebutkan Bisru, panitia lokal USU juga telah melakukan sosialisasi kepada para kepala sekolah SMA, SMK dan MA se-Sumut pada 17 Januari lalu  dari 17 Kabupaten Kota yakni Medan, Padang Sidempuan, Binjai, Deli Serdang, dan Sibolga. Lalu, Tebing Tinggi Asahan, Langkat, Simalungun, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Dairi, Madina dan Labuhan Batu.

“Jadi dengan dibukanya pendaftaran ini, diharapkan para pelajar bisa mendaftarkan dirinya secara online dengan petunjuk yang diberikan sekolah setelah mendapatkan password dari pihak sekolah,” kata Bisru. Bisru juga  mengimbau agar para siswa mengisi dengan benar data diri dan program studi yang akan dipilih serta perguruan tinggi yang dituju.

Disebutkannya, peserta SNMPTN wajib membaca ketentuan di PTN yang dituju. Sebab sejumlah program studi memiliki persyaratan tertentu seperti tidak boleh buta warna. Ketentuan lain misalnya, untuk mendaftar pada jurusan psikologi ada universitas yang  mensyaratkan pendaftar dari jurusan IPS, tetapi di universitas lain mensyaratkan dari jurusan IPA.

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan  jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini diperkirakan meningkat enam kali lipat dibandingkan tahun lalu. Hal ini, kata dia, dikarenakan tidak adanya batasan terhadap akreditasi sekolah seperti pada tahun lalu.

Berdasarkan data Panitia Pusat SNMPTN sampai pukul 14.42 WIB, Kamis, (31/1), dari sebanyak 27.630 sekolah telah mendaftar terdapat 11.695 sekolah meningkat 1,5 kali lipat dibandingkan jumlah pendaftar jalur pendaftar jalur undangan tahun lalu sebanyak 7.713.

Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang pengisiannya sejak pertengahan Desember 2012 lalu dan ditutup pada 8 Februari
SNMPTN  yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan. Selain SNMPTN, pola seleksi masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM). Ada 62 PTN terlibat SBMPTN termasuk IAIN Walisongo Semarang. Tidak semua PT melakukan seleksi mandiri. Peserta lulusan Paket C dapat mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN.(aje)