Pekan Depan, Dana BOS 2013 Tahap Awal Cair

 

MEDAN (Berita): Pekan depan sekira Rabu [23/1]  dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) untuk tahap awal disalurkan langsung ke rekening sekolah. Nilai dana BOS tahap awal 2013 yang disalurkan  berkisar sampai Rp 380 miliar.

Kepala Seksi Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdiksu), Yusri mengatakan total dana BOS untuk 2013 tidak jauh berbeda dibanding tahun lalu, yakni berkisar Rp 1,5 triliun. “Diberikan secara bertahap, dari rekening bendahara umum daerah (BUD) langsung ke rekening sekolah. Dana BOS diperuntukkan bagi tingkatan SD dan SMP,” katanya.

Hingga saat ini, kata Yusri, semua data dari kabupaten/kota sudah masuk. Paling tidak, katanya, ada beberapa kabupaten/kota yang menyusul. “Ga banyak jumlahnya. Seperti kemarin, cuma satu berkas saja yang dilengkapi. Dan dipastikan minggu depan harus sudah disalurkan ke rekening sekolah, bukan kas daerah kabupaten/kota lagi,” jelasnya.

Dia mengatakan posisi dana BOS saat ini sudah berada di BUD. Pihaknya, juga baru mendapat laporan Rabu lalu dan perhitungannya minggu depan penyalurannya. “Tahapan pembagian dana BOS dilakukan per triwulan,” ucapnya. Pencairannya sesuai dengan data yang diajukan kepada daerah penerima. Nominalnya berkisaran Rp350 sampai Rp 380 miliar per triluan,” katanya.

Sementara itu pengamat pendidikan Sumut, Mastsyuhito Solin mengatakan penyaluran dana BOS diperlukan pengawasan yang ketat, meski penyaluran sudah langsung dilakukan ke rekening sekolah. Selain itu juga harus tepat sasaran. “Pendataan juga harus benar-benar selektif. Apakah siswa tersebut berhak menerima bantuan dana tersebut atau tidak,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, dana BOS juga harus tepat peruntukannya. Dalam hal ini, dirinya yakni kalau pihak sekolah sudah memetakan peruntukkan utama dana BOS. “Sekolah pastinya sudah mendetail, akan digunakan untuk apa saja dana bantuan itu nantinya. Tinggal bagaimana fungsi pengawasannya saja, apakah sesuai dengan yang diajukan sekolah dan sesuai dengan peraturan,” ujarnya. (aje)