Kapal Laut Pelni Berharap Penumpang Akhir Tahun

MEDAN (Berita): Sejak lama Pelni merugi dan penumpang laut yang berangkat  makin sepi saja karena kalah bersaing dengan armada penerbangan yang menjual tiket dengan harga murah, namun harapan tetap ada pada penumpang akhir tahun ini.

“Biasanya animo penumpang tertinggi masih pada masa Lebaran dan menjelang akhir tahun,” ujar Budandi SSos, Kepala Cabang PT Pelni Medan-Belawan kepada wartawan kemarin.

Untuk penjualan tiket kapal laut, Budandi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan 17 biro perjalanan (travel biro) yang ada di Medan sekitarnya termasuk yang ada di daerah-daerah dan dilakukan secara online. Harga tiket kapal tidak berubah, artinya tidak ada kenaikan harga.

Namun hingga kini, penjualan tiket kapal masih biasa-biasa saja belum ada  peningkatan jumlah yang berangkat, termasuk untuk jadwal berangkat 1 Januari dan 3 Januari 2013.

Ia menyebut daya tampung KM Tidar 3000 orang, KM Kelud 2.652 orang dan tiketnya dapat dibeli melalui biro perjalanan yang ada di Medan, Pematangsiantar dan Tobasa. Jadi diharapkan dengan sistem jual tiket online dapat mempermudah  orang untuk mendapatkan tiket.

Dibenarkan pihak Pelni sudah melakukan kejasama  atau MoU dengan pihak kantor pos Mei 2012 untuk penjualan tiket untuk mempermudah orang-orang yang berada di pelosok desa untuk mendapatkan tiket. “Namun belum berlaku di Sumut,” ujar Budandi yang kini Pelni berkantor di Jalan Perdana Medan.

Antisipasi Penumpang

Antisipasi  penumpang angkutan laut, PT Pelni menambah 1 unit kapal yakni KM Tidar untuk jadwal berangkat yang sekaligus diperkirakan membludak pada saat arus balik 3 Januari 2013.

Kapal Motor Tidar  yag memuat lebih banyak daya angkut penumpang dari KM Kelud ini tiba di Belawan 22 Desember 2012 dari Tanjung Priok sekaligus  sebagai puncak arus balik.

Budandi menyebut KM Tidar berangkat dari Belawan 3 Januari 2013 melayani rute seperti KM Kelud, selama ini. KM Tidar  melayani rute tujuan Sulawesi Tengah yakni Surabaya, Makassar, Pare-pare dan Nunukan. Jadi, setelah tiba di Belawan 22 Desember ini maka kapal langsung mangkal selama 12 hari  menunggu penumpang untuk keberangkatan kapal 3 Januari 2013.

Sedangkan KM Kelud Selasa 1 Januari 2013 awal berangkat dari Belawan melayani rute-rute biasa Belawan Tanjung Priok menyinggahi rute Batam dan Tanjung Balai Karimun dan seterusnya seperti biasa jadwal berangkat setiap Selasa. (wie)