Sergai Luncurkan Program PATEN

 

SEIRAMPAH (Berita): Sebagai upaya menuju perubahan dalam sistem penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan yang terkait di bidang pelayanan publik agar semakin lebih cepat, terukur, jelas dan tepat sasaran bagi masyarakat, Kabupaten Serdang Bedagai menjadi Kabupaten/Kota pertama di Provinsi Sumatera Utara yang menerapkan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Sesuai dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 tahun 2010 tentang pedoman PATEN, PATEN merupakan langkah awal program pelimpahan wewenang dari pemerintahan Kabupaten/Kota kepada pemerintahan Kecamatan.

Hal ini disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. T. Erry Nuradi M.Si saat meresmikan program PATEN yang sekaligus dirangkaikan dengan pemberian Penghargaan Kecamatan Terbaik Tingkat Kabupaten Sergai dan Penghargaan Kepada Desa/Kelurahan Serta Kecamatan Terbaik dalam hal Pelaksanaan Penyaluran dan Pembayaran Raskin tahun 2012. Acara ini diselenggarakan bertempat di halaman Kantor Camat Sei Rampah Desa Firdaus, Sei Rampah, Senin (17/12).

Turut hadir dalam acara ini Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD, Kepala Bulog Divisi Regional I Medan Surya, Ketua MUI Sergai, Ketua FKUB, para Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan se-Sergai, para Kades/Lurah se-Kabupaten Sergai serta para tokoh masyarakat.

Erry Nuradi mengharapkan untuk kedepannya pemerintah kecamatan dapat menjadi pusat pelayanan masyarakat di Kabupaten Sergai, terutama yang terkait dengan berbagai pengurusan surat-surat baik perizinan maupun nonperizinan yang dilakukan masyarakat dapat cepat dan sinergis. Dengan tujuan meminimalisir kendala yang dihadapi masyarakat seperti jarak jangkauan dan sarana transportasi, jelas Bupati Erry Nuradi.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh aparat kecamatan jadikanlah momentum ini sebagai langkah maju dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat, buatlah inovasi baru dalam pelayanan publik karena program PATEN akan menjadi salah satu indikator penilaian keberhasilan kecamatan.

Khusus untuk tahun ini sudah ada enam Kecamatan yang telah mendapat fasilitas meja pelayanan dan standart operasional PATEN diantaranya Kecamatan Perbaungan, Sei Rampah, Sei Bamban, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar dan Kecamatan Dolok Merawan, dan untuk tahun 2013 mendatang  ditargetkan sebelas kecamatan lainnya sudah memilikinya, papar Bupati Erry Nuradi.

Di sela-sela acara Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi juga turut menyerahkan penghargaan bagi kecamatan terbaik tingkat Kabupaten dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai. Keluar sebagai juara pertama Kecamatan Dolok Merawan, juara kedua Kecamatan Dolok Masihul dan untuk juara ketiga diraih Kecamatan Sei Rampah.

Sementara itu juara harapan pertama diraih Kecamatan Tebing Syahbandar, sedangkan untuk juara harapan kedua oleh Kecamatan Pantai Cermin dan juara harapan ketiga Kecamatan Serba Jadi. Kemudian diserahkan penghargaan terhadap Desa/Kelurahan maupun Kecamatan terbaik yang tepat waktu dalam penyaluran dan pembayaran raskin. Adapun yang keluar sebagai juara pertama diraih Kecamatan Dolok Merawan, juara kedua diperoleh Kecamatan Bandar Khalipah sementara itu juara ketiga diraih Kecamatan Dolok Masihul. Dan untuk setiap kecamatan ditetapkan satu Desa/Kelurahan sebagai daerah penyalur dan pembayar raskin terbaik.

Dengan diberikannya penghargaan ini, diharapkan kepada kecamatan yang terpilih sebagai yang terbaik agar dapat mempertahankan prestasinya dan senantiasa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan untuk kecamatan yang belum berhasil terpilih agar terus meningkatkan prestasi yang lebih baik di masa mendatang, himbau Bupati Erry Nuradi.

Bupati Ir. H. T. Erry Nuradi M.Si memimpin apel Hari Kesadaran Nasional (HKN) dilingkungan Jajaran PNS Pemkab Sergai di halaman kompleks kantor Bupati Sergai di Sei rampah, Senin (17/12). Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Sergai Ir. H. Soekirman, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, kepala SKPD dan ratusan  PNS jajaran Pemkab Sergai.

Dalam sambutannya Bupati Erry Nuradi mengatakan bahwa aparatur pemerintah sebagai pelayan masyarakat harus melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya (tupoksi) dengan baik dimulai dari upaya pendisiplinan diri. Dengan disiplin yang baik maka serangkaian tugas yang berat akan dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu dihimbau kepada para kepala SKPD agar konsisten memonitoring kedisiplinan seluruh staf yang berada didalam lingkungannya untuk pencapaian hasil kerja yang optimal.(fad)