Panitia Porseni XIII Gelar Berbagai Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kutacane

 

KUTACANE (Berita) : Kegiatan Porseni XIII dan Expo Madrasah ke II Kemenag Aceh,tak hanya menjadi ajang dan event olahraga semata,namun kehadiran Porseni XII di Kabupaten Aceh Tenggara juga dirasakan sangat besar manfaatnya dalam peningkatan syari’at dan ukhuwah Islamiah di Aceh. Pasalnya pihak panitia Porseni XIII dan Expo Madrasah ke II Bidang Pengabdian Masyarakat Kemenag Aceh juga akan menggelar kegiatan peningkatan syariat Islam,melalui agenda khotbah Jum’at keliling se-Kabupaten Aceh Tenggara.

Panitia Porseni XIII Aceh dan sejumlah pejabat teras mulai dari Kakanwil Kemenag Aceh,Kabid Pekapontren Kanwil Kemenag Aceh,Kabid Urais,Kabid Haji,Kabid Mapenda dan Kakanmenag Kabupaten/kota se-Aceh hingga pejabat terkait lainnya di Kemenag Aceh akan dijadwalkan sebagai khatib dalam menyampaikan khutbah shalat Jum’at,di 31 mesjid yang tersebar se- Aceh Tenggara. Aksi itu akan dilaksanakan langsung hari ini, jum’at 30 November 2012.

Menurut data yang berhasil dihimpun,wartawan dari posko Media Center sekretariat Porseni XIII dan Expo Madrasah ke II 2012,bahwa masjid yang akan diisi khatib shalat jum’at dari unsur pejabat Kemenag Aceh itu ada sebanyak 31 masjid yang tersebar di Aceh Tenggara.Bahkan Kakanwil Kemenag Aceh,Drs.Ibnu Sa’dan juga dijadwalkan akan menjadi khatib pada shalat Jum’at di Masjid Agung At-Taqwa Kutacane.

Sementara itu Kakanmenag Aceh Tenggara,Drs.Jauharuddin,yang juga ketua panitia Porseni XIII,menyatakan sejumlah agenda pengabdian masyarakat dalam rangka Porseni XIII Kemenag Aceh di Kutacane,telah dilaksanakan diantaranya kegiatan pelatihan imam masjid dan pelatihan guru TPQ,pada Rabu (28/11).

Bahkan kegiatan itu secara langsung dibuka Wakil Bupati Agara, H. Ali Basrah, di Opprom Setdakab Agara. Kegiatan itu diikuti sekitar 50 peserta, 25 orang imam masjid dan 25 orang ustadz TPQ se-Aceh Tenggara. Bahkan Kakanwil Kemenag Aceh Drs. H. Ibnu Sa’dan, M.Pd beserta sejumlah pejabat Pemkab Agara dan jajaran Kementerian Agama Aceh juga turut menghadiri agenda Porseni XIII untuk peningkatan syari’at Islam,katanya.

Selain kedua pelatihan ini, agenda lain dari kegiatan pengabdian masyarakat pada ajang Porseni XIII di Aceh Tenggara,juga telah dilaksanakannya kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kutacane, dan Panti Asuhan,pada Kamis (29/11). Dan agenda selanjutnya pengisian khutbah shalat Jum’at pada hari ini. Usai shalat Jumat dilanjutkan dengan kunjungan ke Panti Jompo,jelas Jauharuddin.(jp)