Pemkab Labuhanbatu Tawarkan Eks Pasar Baru Kepada Investor Untuk Pengembangan Industri Perhotelan dan Perdagangan Modern

 

RANTAUPRAPAT (berita): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu menawarkan lahan eks Pasar Baru Rantauprapat kepada investor untuk pengembangan industri perhotelan dan pasar modern. Demikian disampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial (Ekbang dan Kesos) Setdakab Labuhanbatu H Burhanuddin SH kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (19/11). Burhanuddin mengatakan, peluang untuk berinvestasi saat ini di Labuhanbatu sangat terbuka dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan cukup besar bagi investor yang ingin berinvestasi di daerah ini.

“Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di bawah kepemimpinan Bupati Dr. Tigor Panusunan Siregar, Sp.PD dan Wakil Bupati  Suhari Pane, S.IP memberikan peluang dan kemudahan yang sebesar-besarnya bagi Investor yang ingin berinvestasi di daerah ini, khususnya di bidang properti, menawarkan pengembangan industri perhotelan dan perdagangan modern,” ungkap Burhan. Ditambahkannya, Labuhanbatu dengan  luas wilayah 2.561,38 Km2 dan jumlah  Penduduk 530.000 jiwa sangat prospektif untuk pengembangan dunia usaha, karena  memiliki  letak geografis yang sangat strategis,

berada pada jalur lintas Sumatera  dan bahkan mempunyai akses ke luar negeri, dengan corak heterogenitas penduduk yang terajut dalam toleransi dan kerukunan yang harmonis, sehingga kondusifitas daerah senantiasa terpelihara dengan baik dan bertetangga dengan daerah-daerah yang sedang berkembang pesat baik di Propinsi Riau dan Sumatera Utara.

“Sebagai salah satu wilayah yang berada di Lintas Sumatera, yang memiliki potensi perkebunan dan industri serta peringkat 5 (lima) besar dengan  PDRB tertinggi di Sumatera Utara, merupakan peluang yang sangat prospektif  untuk tujuan berinvestasi,” jelasnya. Sebagai kawasan yang perkembangannya cukup pesat, kata Burhanuddin, Infrastruktur merupakan hal yang sangat penting. Pemerintahan Labuhanbatu tidak mengenal kata cukup dalam berbenah.

Pembangunan Bandara di Aek Nabara dan  Pelabuhan Kapal Laut di Kecamatan Panai Hilir  akan diwujudkan dalam membantu kemudahan berinvestasi. Ketika disinggung mengapa industri perhotelan dan pasar modern yang ditawarkan kepada investor, Burhanuddin menegaskan, bahwa terbatasnya hotel dan perdagangan modern yang representatif, merupakan salah satu alasan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menawarkan peluang ini kepada para Investor. “Kita ketahui bersama, bahwa perhotelan dan pasar modern sangat minim di daerah ini, sementara salah satu ciri dan syarakat bagi berkembangnya suatu daerah adalah tersedianya hotel dan pasar modern yang representatif”, katanya.

Untuk berinvestasi dibidang tersebut, dengan bentuk kerjasama Build Operate and Transfer (Bangun Guna Serah), Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyediakan lahan di kawasan sangat strategis yangterletak di inti kota, yaitu di Lokasi Eks Pasar Baru – Jl.Diponegoro Rantauprapat dengan luas tanah 20.211 m2  dengan nilai Investasi dan Luas bangunan minimal Rp 250.000.000.000,- dan  35.000 m2. “Kita tunggu kedatangan investor ke daerah ini, kita akan berikan kemudahan-kemudahan namun tetap saling menguntungkan semua pihak”, katanya(dpg)