Kenaikan Gaji Buruh, Picu Laju Inflasi

MEDAN (Berita): Kenaikan gaji buruh jelas akan memicu kenaikan laju inflasi sehingga pemerintah harus bijak, jangan sampai kenaikan gaji buruh justru tidak begitu bermanfaat bagi buruh itu sendiri, karena begitu mereka mendapatkan gaji, harga barang-barang sudah naik duluan.

“Permasalahan perburuhan di Indonesia masih menjadi masalah klasik,” kata Gunawan Benjamin, pengamat ekonomi IAIN Sumatera Utara yang juga praktisi pasar modal ini kepada wartawan di Medan Selasa (20/11). Menurut dia, saat ini marak buruh memminta kenaikan gaji yang direspon positif oleh pemerintah. Bahkan pemerintah menyatakan bahwa gaji buruh minimal seperti gaji PNS.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian serius yang bisa saja berdampak negatif bagi perekonomian nasional. Taraf hidup buruh yang sejahtera tentunya merupakan idaman dan menjadi tolak ukur atas keberhasilan pemerataan ekonomi bagi masyarakat.

Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Bila pemerintah benar-benar menaikkan gaji buruh maka besar kemungkinan harga barang kebutuhan akan mengalami kenaikan.Kenaikan harga barang tidak hanya disebabkan oleh sisi permintaannya saja.

tetapi disaat ada kepastian bahwa gaji buruh akan dinaikkan, maka besar kemungkinan harga barang akan bergerak naik, karena biasanya para spekulan akan mengantisipasi kemungkinan kenaikan gaji guna mendapatkan keuntungan.

Masalah lainnya, menurut Gunawan adalah kenaikan gaji justru membuat iklim investasi di Indonesia menjadi kurang menarik. Komponen biaya modal yang dikeluarkan para penguasaha akibat kenaikan gaji buruh akan mengakibatkan produk yang dihasilkan menjadi kalah saing.

Jangan sampai itu terjadi, karena penurunan daya saing bisa berdampak pada hengkangnya sejumlah perusahaan dari Indonesia ke luar. “Ini yang harus diwaspadai oleh pemerintah, jangan sampai salah langkah,” paparnya.

Bila gaji buruh naik maka konsekuensi buruk akibat kenaikan tersebut akan membuat buruh itu kehilangan pekerjaannya. Dan ini bisa membuat pengangguran di Indonesia semakin memburuk.

Untuk itu, keputusan menaikkan gaji buruh seharusnya memikirkan segala kemungkinan yang tidak hanya dari sudut pandang salah satu pihak saja. Dibutuhkan kebijakan yang win-win solution bagi semua pihak. Karena pada dasarnya kenaikan gaji buruh bisa berdampak negatif yang besar bagi buruh itu sendiri. (wie)