2013 Sumut Miliki Gedung Pusat Promosi Dan Dagang

PLT GUBSU H Gatot Pujo Nugroho meletakkan batu pertama pembangunan gedung Pusat Promosi dan Dagang UKM. ( Repro/WSP/Ist )

MEDAN ( Berita ) : Tahun 2013, Sumatera Utara akan memiliki gedung Pusat Promosi dan Dagang yang menampung berbagai produk unggulan hasil kerajinan seluruh kabupaten/kota se Sumut.

Gedung ini akan menjadi salah satu tujuan bagi parawisatawan yang ingin mendapatkan suvenir khas berbagai daerah di Sumut. Peletakan batu pertama pembangunan gedung itud ilakukan oleh Plt. Gubsu H Gatot Pujo Nugroho, di komplek Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa (2/10).

Gatot menjelaskan, Danau Toba merupakan tujuan wisata andalan di tanah air akan banyak mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara ke Sumut. ‘’Untuk itu sebagai penunjang kegiatan wisata, perlu dikembangkan industry kreatif, dalam hal ini berbagai produk kerajinan yang selalu dicari wisatawan untuk dijadikan buah tangan dan kenang-kenangan,’’katanya.

Plt Gubsu berharap dengan adanya gedung pusat Promosi, para pelaku UMKM termotivasi untuk berwira usaha dan memanfaatkan gedung yang cukup strategis letaknya. Disamping itu, fasilitas ini juga merupakan wujud dari komitmen pemerintah terhadap pengembangan sector UMKM yang jumlahnya cukup banyak di Sumut. Menurut dia, saat in jumlah usaha mikro kecil menengahdi Sumut 2.539.416 unit, terdiri dari sektor perdagangan, jasadan industri.

Sedangkan salah satu persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM selama ini adalah minimnya pemasaran produk yang dihasilkan. Karenanya, keberadaan Pusat Promosi dan Dagang UKM ini dapat menjadi salah satu media promosi dan pemasaran.“Tahun depan mudah-mudahan selesai pembangunannya dan gedung ini diharapkan menjadi pemicu pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk, sehingga mereka dapat lebih berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” sebut Gatot.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provsu Jonni Pasaribu menjelaskan, pembangunan gedung dua tahap, yaitu tahun anggaran 2012 untuk penyelesaian tahap pertama dengan alokasi dana Rp 2 miliar, dan pembangunan tahap dua 2013 dengan alokasi anggaran Rp11 miliar.

Pembangunannya adalah realisasi keinginan Gubsu agar Sumut, memiliki pusat promosi produk unggul yang melibatkan partisipasi aktif pelaku UMKM di 33 kabupaten/kota. Hadir dalam acara itu, Assisten Pemerintahan Hasiholan Silaen, Ketua Yayasan PRSU Panusunan Pasaribu, mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumut, pelaku UMKM dan koperasi.(WSP/m34)