1.555 Peserta Tes Masuk UMSU Gelombang III

MEDAN (Berita): Sebanyak 1.555 calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengikuti tes masuk ujian tulis gelombang III tahap II, Senin [3/9]. Hasil ujian itu akan diumumkan pada Rabu [5/9] melalui situs website www.umsu.ac.id

Demikian dikatakan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMSU Dr Muhyarsyah SE MSi usai meninjau pelaksanaan ujian tulis didampingi Kabiro Akademik Yudi Siswadi SE MM yang juga Sekretaris PMB.

Sehubungan dengan permintaan masyarakat dari beberapa kabupaten/kota di Sumut kepada Rektor UMSU Drs Agussani MAP, panitia PMB terpaksa menerima pendaftaran mahasiswa baru dan langsung mengikuti tes masuk hari itu juga hingga pukul 12.00 Wib.

Padahal, sejak Sabtu [1/9] panitia PMB telah menutup masa pendaftaran dengan jumlah calon mahasiswa baru mencapai 1.491 orang. Namun karena tingginya minat dan kepercayaan yang diberikan masyarakat Sumut terutama dari masyarakat di daerah.

Untuk tahun akademik 2012/2013 ini, UMSU mengalokasikan daya tampung mahasiswa baru dan pindahan berjumlah 5.500 orang, terdiri diantaranya 5.000 mahasiswa baru untuk kelas pagi dan siang. Sedangkan untuk kelas sore dan malam hari disediakan daya tampung 500 orang mahasiswa baru.

Muhyarsyah mengaku, dari dua gelombang tes ujian masuk tulis terdahulu ditambah hasil pengumuman mahasiswa baru di gelombang tiga tahap dua ini maka target pencapaian mahasiswa baru UMSU akan terpenuhi sesuai kelas yang tersedia..

Sebanyak 2.411 calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dinyatakan lulus ujian gelombang II Tahap II. Peserta yang lulus di tahap ini adalah 2.411 orang dari 2.513 orang peserta.

Untuk gelombang yang pertama, hingga tanggal 13 Agustus ini sudah ada 2.360 orang calon mahasiswa yang sudah melakukan registrasi ulang. Hingga saat ini, peserta yang sudah dinyatakan lulus menjadi calon mahasiswa UMSU sebanyak 4.771 orang dari tes masuk gelombang I tahap I dan gelombang II tahap II.

Bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus gelombang III tahap II akan segera melengkapi berkas persyaratan dan menyerahkan Kartu Tanda Peserta Ujian (asli) sebagai bukti kelulusan kepada panitia, membayar biaya SPP minimal tahap I, biaya SKS berdasarkan mata kuliah yang diambil dan biadaya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).

Kegiatan MPMB UMSU akan dimulai pada 10 sampai 16 September 2012. Masa MPMB dilakukan pada 10 sampai 13 September dan Masta IMM diadakan 14-16 September 2012. Pada kesempatan itu pula mahasiswa baru akan dikenalkan dengan organisasi-organisasi dan manajemen kampus.(aje)